RPP Kasus-kasus Pelanggaran HAM dalam Perspektif Pancasila
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK WIDYA DHARMA TUREN
Program Keahlian : Semua Program
Kompetensi Keahlian : OTKP/AKL/TKJ
Mata Pelajaran : PPKN
Kelas / Semester : XI
/ 3
Kompetensi Dasar : 3.1 Menganalisis kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam
perspektif Pancasila untuk mewujudkan
harmoni hak dan kewajiban asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara wan
4.1 Menyaji hasil analisis kasus-kasus pelanggaranhak asasi manusia dalam
perspektif Pancasila untuk mewujudkan harmoni hak dan kewajiban asasi manusia
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi Pokok
: Kasus kasus Pelanggaran HAM dalam Perspektif Pancasila
Alokasi Waktu
: 6 X 45 menit ( 3 pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
KI. 1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI. 2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI. 3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 menghayati nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME dalam menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran hak dan
kewajiban asasi manusia berdasarkan
perspektif Pancasila untuk mewujudkan
harmoni kehidupan berbangsa dan bernegara
2.1 menghargai nilai-nilai praksis dalam kasus-kasus pelanggaran hak dan kewajiban asasi
manusia berdasarkan perspektif
Pancasila untuk mewujudkan harmoni kehidupan berbangsa dan bernegara
3.1 menganalisis kasus-kasus
pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif
Pancasila untuk mewujudkan harmoni hak dan kewajiban asasi manusia dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
4.1 menyaji hasil analisis kasus-kasus pelanggaranhak asasi manusia dalam
perspektif Pancasila untuk mewujudkan harmoni hak dan kewajiban asasi manusia
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah
mengikuti proses pembelajaran Peserta Didik dapat :
1.1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan YME harmonisasi
hak dan kewajiban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
1.1.2 Memelihara hubungan baik dengan sesame umat manusia
sebagai wujud syukur Kepada Tuhan YMEI
2.1.1. Membangun nilai-nilai kejujuran dalam harmonisasi
antara hak dan kewajiban asasi manusia sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2.1.2 Membangun nilai-nilai kedisiplinan dalam
harmonisasi hak dan kewajiban asasi manusia sesuai dengan Pancasila dalam
kehiduberbangsa dan bernegara
3.1.1 Menjelaskan pengertian
Pelanggaran HAM
3.1.2 Mengidentifikasi penyebab
timbulnya pelanggaran HAM
3.1.3 Mencontohkan Bentuk-bentuk
pelanggaran HAM
3.1.4
Menyebutkan Kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia
3.1.5 Menjelaskan upaya pemerintah dalam penegakan
HAM
3.1.6 Menjelaskan upaya Penanganan Kasus pelanggarah HAM
3.1.7
Menganalisis perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia
3.1.8
Menjelaskan Instrumen HAM di Indonesia
3.1.9
Menjelaskan uUndang-undang
No. 39 Tahun 1999 tentang HAM
3.1.10Menjelaskan uUndang-Undang
No. 26 Tahun 2000 tentang Peradilan HAM
4.1.1 Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak
asasi manusia.
4.1.2 Mengkomunikasikan
hasil analisis upaya penegakkan hak asasi manusia
D. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah berdiskusi dan menggali informasi :
1.
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Pelanggaran HAM dengan benar dan mandiri
2.
Peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab timbulnya pelanggaran HAM dengan benar dan
tanggung jawab
3.
Peserta didik dapat mencontohkan Bentuk-bentuk pelanggaran HAM dengan benar dan mandiri
4.
Peserta didik dapat menyebutkan Kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia dengan benar dan mandiri
5.
Peserta didik dapat menjelaskan upaya pemerintah dalam penegakan HAM dengan benar dan tanggung
jawab
6.
Peserta didik dapat menjelaskan upaya Penanganan Kasus
pelanggarah HAM dengan benar dan mandiri
7.
Peserta didik dapat menganalisis perilaku yang mendukung
upaya penegakaan HAM di Indonesia dengan benar dan tanggung jawab
8.
Peserta didik dapat menjelaskan Instrumen HAM di Indonesia dengan benar dan
mandiri
9.
Peserta didik dapat menjelaskan uUndang-undang
No. 39 Tahun 1999 tentang HAM dengan benar dan tanggung jawab
10. Peserta didik dapat menjelaskan uUndang-Undang No. 26 Tahun 2000
tentang Peradilan HAM dengan benar dan tanggung jawab
11.
Peserta didik
dapat menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak asasi manusia dengan benar dan mandiri
12. Peserta didik dapat mengkomunikasikan hasil analisis upaya
penegakkan hak asasi manusia dengan benar dan mandiri
E. Materi Pembelajaran
Fakta
Kasus –kasus pelanggaran HAM seperti kekerasan terhadap TKW, perampokan dan
pembunuhan.
Konsep
1.
Pengertian Pelanggaran HAM
2.
Penyebab timbulnya pelanggaran HAM
3.
Bentuk-bentuk pelanggaran HAM
4.
Kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia
5.
Upaya pemerintah dalam penegakan HAM
6.
Upaya Penanganan Kasus pelanggarah
HAM
7.
Perilaku yang mendukung upaya
penegakaan HAM di Indonesia
8.
Instrumen HAM di Indonesia
9.
Undang-undang No. 39 Tahun 1999
tentang HAM
10.
Undang-Undang No. 26 Tahun 2000
tentang Peradilan HAM
Prosedur
Proses Peradilan HAM di Indonesia
Metakognitif
Menganalisis penyebab timbulnya
pelanggaran hak asasi manusia.
E.
Metode Pembelajaran
a. Pendekatan : Saintifik
b. Model
Pembelajaran : Problem Based Learning
c. Metode : Ceramah, diskusi kelompok,tanya jawab, dan penugasan
F.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke -1
|
KEGIATAN |
DESKRIPSI
KEGIATAN |
KARAKTER |
WAKTU |
|
Pendahuluan |
·
Guru
masuk kelas tepat waktu dan mengucapkan salam ·
Guru
meminta ketua kelas untuk memimpin doa sebelum pembelajaran akan dimulai ·
Guru mengintruksikan kepada
siswa untuk memperhatikan kebersihan kelas sebelum pembelajaran dimulai ·
Guru
mengabsen dan mengisi jurnal kelas ·
Siswa menerima informasi
tentang kompetensi yang akan dipelajari, tujuan,
materi, langkah- langkah pembelajaran serta teknik penilaian yang akan
dilaksanakan. ·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa baik kemampuan proses
maupun kemampuan produk serta manfaatnya bagi karir siswa (motivasi). ·
Sebagai apersepsi, untuk
mendorong rasa ingin tahu dan berfikir kritis, siswa menjawab pertanyaan guru
mengenai kemampuan dasarnya dalam materi kearsipan |
Disiplin
dan religius Religius Peduli
lingkungan |
10 menit |
|
Inti Mengorientasikan siswa pada masalah Mengorganisasikan siswa untuk
belajar (pembentukan kelompok) Membantu siswa penyelidikan secara
mandiri/kelompok Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya dan memamerkannya Analisis dan evaluasi proses
pemecahan masalah |
Mengamati : · Guru
meminta siswa mengamati tayangan tentang pengertian Pelanggaran HAM, penyebab timbulnya
pelanggaran HAM, bentuk-bentuk
pelanggaran HAM, kasus Pelanggarahn
HAM di Indonesia melalui LCD ·
Siswa membaca
buku sumber yang berkaitan dengan materi pengertian Pelanggaran HAM, penyebab timbulnya
pelanggaran HAM, bentuk-bentuk pelanggaran HAM, kasus Pelanggarahn
HAM di Indonesia Menanya : · Siswa
mengajukan hal-hal yang belum dipahami terkait materi pengertian Pelanggaran HAM, penyebab timbulnya
pelanggaran HAM, bentuk-bentuk
pelanggaran HAM, kasus Pelanggarahn
HAM di Indonesia yang disajikan. Jika ada masalah,
guru mempersilahkan pada siswa lain untuk memberikan tanggapan Mengekplorasi : · Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok dalam usaha mencari
solusi pemecahan masalah secara berdiskusi,
dimana 1 kelompok beranggotakan 4 orang. Permasalahan yang dibahas berhubungan dengan pengertian Pelanggaran HAM, penyebab timbulnya
pelanggaran HAM, bentuk-bentuk
pelanggaran HAM, kasus Pelanggarahn
HAM di Indonesia (Tugas kelompok terstruktur/ LK 1) · Guru
membimbing siswa memecahkan masalah yang belum dapat dipecahkan oleh siswa
serta mengorganisasikan tugas belajar · Guru
meminta siswa membaca materi yang akan diajarkan pada buku paket (literasi) mengenai pengertian Pelanggaran HAM, penyebab timbulnya
pelanggaran HAM, bentuk-bentuk
pelanggaran HAM, kasus Pelanggarahn
HAM di Indonesia · Guru
mendorong siswa untukmengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan · Siswa berusaha mencari informasi dari berbagai media · Guru mendorong siswa melaksanakan diskusi untuk mendapatkan penjelasan
dan pemecahan masalah · Guru
berkeliling mencermati siswa bekerja, mencermati dan menemukan berbagai
kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya hal-hal yang belum dipahami. Mengasosiasi : · Siswa
menganalisis hasil dari informasi yang telah diperoleh sampai pada akhirnya
dapat memecahkan masalah mengenai pengertian
Pelanggaran HAM, penyebab timbulnya
pelanggaran HAM, bentuk-bentuk
pelanggaran HAM, kasus Pelanggarahn
HAM di Indonesia · Guru
membimbing siswa dalam merencanakan
dan menyiapkan laporan hasil diskusi Mengkomunikasikan : · Guru
meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi · Guru
meminta siswa dari kelompok lain untuk mengajukan pertanyaan, pendapat/saran · Guru
memberikan penghargaan dan apresiasi kepada kelompok atau individu yang telah
berpartisipasi aktif dalam proses diskusi · Guru
membantu siswa dalam melakukan refleksi dan evaluasi terhadap proses
pemecahan masalah |
Gemar membaca/literasi Mandiri Gemar membaca/literasi Mandiri Komunikasi |
70 menit |
|
Penutup |
·
Siswa bersama
guru menyimpulkan
materi yang telah dipelajari ·
Siswa mengerjakan soal evaluasi ·
Guru memberikan umpan balik ·
Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya ·
Guru menutup pelajaran dengan
mengucap salam |
Gotong
royong Mandiri |
10
Menit |
Pertemuan ke -2
|
KEGIATAN |
DESKRIPSI
KEGIATAN |
KARAKTER |
WAKTU |
|
Pendahuluan |
·
Guru
masuk kelas tepat waktu dan mengucapkan salam ·
Guru
meminta ketua kelas untuk memimpin doa sebelum pembelajaran akan dimulai ·
Guru mengintruksikan kepada
siswa untuk memperhatikan kebersihan kelas sebelum pembelajaran dimulai ·
Guru
mengabsen dan mengisi jurnal kelas ·
Siswa menerima informasi
tentang kompetensi yang akan dipelajari, tujuan,
materi, langkah- langkah pembelajaran serta teknik penilaian yang akan
dilaksanakan. ·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa baik kemampuan
proses maupun kemampuan produk serta manfaatnya bagi karir siswa (motivasi). ·
Sebagai apersepsi, untuk
mendorong rasa ingin tahu dan berfikir kritis, siswa menjawab pertanyaan guru
mengenai kemampuan dasarnya dalam materi kearsipan |
Disiplin
dan religius Religius Peduli
lingkungan |
10 menit |
|
Inti Mengorientasikan siswa pada masalah Mengorganisasikan siswa untuk
belajar (pembentukan kelompok) Membantu siswa penyelidikan secara
mandiri/kelompok Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya dan memamerkannya Analisis dan evaluasi proses
pemecahan masalah |
Mengamati : ·
Guru meminta siswa mengamati
tayangan tentang materi Upaya pemerintah
dalam penegakan HAM, Upaya Penanganan Kasus pelanggarah
HAM, Perilaku yang
mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia melalui LCD ·
Siswa membaca
buku sumber yang berkaitan dengan materi Upaya pemerintah
dalam penegakan HAM, Upaya Penanganan Kasus pelanggarah HAM, Perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia Menanya : · Siswa
mengajukan hal-hal yang belum dipahami terkait materi Upaya pemerintah dalam penegakan HAM, Upaya Penanganan Kasus pelanggarah
HAM, Perilaku yang
mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia yang disajikan. Jika ada masalah,
guru mempersilahkan pada siswa lain untuk memberikan tanggapan Mengekplorasi : · Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok dalam usaha mencari
solusi pemecahan masalah secara berdiskusi,
dimana 1 kelompok beranggotakan 4 orang. Permasalahan yang dibahas berhubungan dengan Upaya pemerintah dalam penegakan HAM, Upaya Penanganan Kasus pelanggarah
HAM, Perilaku yang
mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia · Guru
membimbing siswa memecahkan masalah yang belum dapat dipecahkan oleh siswa
serta mengorganisasikan tugas belajar · Guru
meminta siswa membaca materi yang akan diajarkan pada buku paket (literasi) mengenai Upaya pemerintah dalam penegakan HAM, Upaya Penanganan Kasus pelanggarah
HAM, Perilaku yang
mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia · Guru
mendorong siswa untukmengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan · Siswa berusaha mencari informasi dari berbagai media · Guru mendorong siswa melaksanakan diskusi untuk mendapatkan penjelasan
dan pemecahan masalah · Guru
berkeliling mencermati siswa bekerja, mencermati dan menemukan berbagai
kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya hal-hal yang belum dipahami. Mengasosiasi : · Siswa
menganalisis hasil dari informasi yang telah diperoleh sampai pada akhirnya
dapat memecahkan masalah mengenai Upaya pemerintah
dalam penegakan HAM, Upaya Penanganan Kasus pelanggarah
HAM, Perilaku yang
mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia · Guru
membimbing siswa dalam merencanakan
dan menyiapkan laporan hasil diskusi Mengkomunikasikan : · Guru
meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi · Guru
meminta siswa dari kelompok lain untuk mengajukan pertanyaan, pendapat/saran · Guru
memberikan penghargaan dan apresiasi kepada kelompok atau individu yang telah
berpartisipasi aktif dalam proses diskusi ·
Guru membantu siswa dalam melakukan refleksi
dan evaluasi terhadap proses pemecahan
masalah |
Gemar membaca/ Literasi Mandiri Gemar membaca/literasi Mandiri Komunikasi |
70 menit |
|
Penutup |
·
Siswa bersama
guru menyimpulkan
materi yang telah dipelajari ·
Siswa mengerjakan soal evaluasi ·
Guru memberikan umpan balik ·
Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya ·
Guru menutup pelajaran dengan
mengucap salam |
Gotong
royong Mandiri |
10
Menit |
Pertemuan ke -3
|
KEGIATAN |
DESKRIPSI
KEGIATAN |
KARAKTER |
WAKTU |
|
Pendahuluan |
·
Guru
masuk kelas tepat waktu dan mengucapkan salam ·
Guru
meminta ketua kelas untuk memimpin doa sebelum pembelajaran akan dimulai ·
Guru mengintruksikan kepada
siswa untuk memperhatikan kebersihan kelas sebelum pembelajaran dimulai ·
Guru
mengabsen dan mengisi jurnal kelas ·
Siswa menerima informasi
tentang kompetensi yang akan dipelajari, tujuan,
materi, langkah- langkah pembelajaran serta teknik penilaian yang akan
dilaksanakan. ·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa baik kemampuan
proses maupun kemampuan produk serta manfaatnya bagi karir siswa (motivasi). ·
Sebagai apersepsi, untuk
mendorong rasa ingin tahu dan berfikir kritis, siswa menjawab pertanyaan guru
mengenai kemampuan dasarnya dalam materi kearsipan |
Disiplin
dan religius Religius Peduli
lingkungan |
10 menit |
|
Inti Mengorientasikan siswa pada masalah Mengorganisasikan siswa untuk
belajar (pembentukan kelompok) Membantu siswa penyelidikan secara
mandiri/kelompok Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya dan memamerkannya Analisis dan evaluasi proses pemecahan
masalah |
Mengamati : ·
Guru meminta siswa mengamati
tayangan tentang materi Instrumen HAM di Indonesia, Undang-undang No. 39 Tahun 1999
tentang HAM, Undang-Undang No. 26 Tahun 2000
tentang Peradilan HAM melalui
LCD ·
Siswa membaca
buku sumber yang berkaitan dengan materi Instrumen HAM di Indonesia, Undang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM, Undang-Undang No. 26 Tahun 2000
tentang Peradilan HAM Menanya : · Siswa
mengajukan hal-hal yang belum dipahami terkait materi Instrumen HAM
di Indonesia, Undang-undang No. 39 Tahun 1999
tentang HAM, Undang-Undang No. 26 Tahun 2000
tentang Peradilan HAM yang disajikan. Jika ada masalah, guru mempersilahkan
pada siswa lain untuk memberikan tanggapan Mengekplorasi : · Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok dalam usaha mencari
solusi pemecahan masalah secara berdiskusi,
dimana 1 kelompok beranggotakan 4 orang. Permasalahan yang dibahas berhubungan dengan Instrumen HAM
di Indonesia, Undang-undang No. 39 Tahun 1999
tentang HAM, Undang-Undang No. 26 Tahun 2000
tentang Peradilan HAM · Guru
membimbing siswa memecahkan masalah yang belum dapat dipecahkan oleh siswa
serta mengorganisasikan tugas belajar · Guru
meminta siswa membaca materi yang akan diajarkan pada buku paket (literasi) Instrumen HAM
di Indonesia, Undang-undang No. 39 Tahun 1999
tentang HAM, Undang-Undang No. 26 Tahun 2000
tentang Peradilan HAM · Guru
mendorong siswa untukmengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan · Siswa berusaha mencari informasi dari berbagai media · Guru mendorong siswa melaksanakan diskusi untuk mendapatkan penjelasan
dan pemecahan masalah · Guru
berkeliling mencermati siswa bekerja, mencermati dan menemukan berbagai
kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya hal-hal yang belum dipahami. Mengasosiasi : ·
Siswa menganalisis hasil dari
informasi yang telah diperoleh sampai pada akhirnya dapat memecahkan masalah
mengenai Instrumen HAM di Indonesia, Undang-undang No. 39 Tahun 1999
tentang HAM, Undang-Undang No. 26 Tahun 2000
tentang Peradilan HAM · Guru
membimbing siswa dalam merencanakan
dan menyiapkan laporan hasil diskusi Mengkomunikasikan : · Guru
meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi · Guru
meminta siswa dari kelompok lain untuk mengajukan pertanyaan, pendapat/saran · Guru
memberikan penghargaan dan apresiasi kepada kelompok atau individu yang telah
berpartisipasi aktif dalam proses diskusi ·
Guru membantu siswa dalam melakukan
refleksi dan evaluasi terhadap proses pemecahan masalah |
Gemar membaca/ Literasi Mandiri Gemar membaca/literasi Mandiri i Komunikasi |
70 menit |
|
Penutup |
·
Siswa bersama
guru menyimpulkan
materi yang telah dipelajari ·
Siswa mengerjakan soal evaluasi ·
Guru memberikan umpan balik ·
Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya ·
Guru menutup pelajaran dengan
mengucap salam |
Gotong
royong Mandiri |
10
Menit |
Penilaian Pembelajaran
a. Teknik : Non Test dan
Test
|
No. |
Aspek |
Jenis/Teknik |
Instrumen Penilaian *) |
|
1. |
Sikap |
Non tes ·
Observasi ·
Jurnal |
·
Lembar Observasi ·
Form Jurnal |
|
2. |
Pengetahuan 3.1 Menganalisis kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam
perspektif Pancasila untuk mewujudkan
harmoni hak dan kewajiban asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara |
Test 1. Tertulis Non Test 1. Penugasan |
1.1. Soal
Test tertulis 1.2. Lembar
jawaban tes tertulis 1.1. Lembar
Tugas 1.2. Lembar
Penilaian Tugas |
|
3. |
Keterampilan 4.1 Menyaji hasil analisis kasus-kasus pelanggaranhak asasi manusia dalam perspektif
Pancasila untuk mewujudkan harmoni hak dan kewajiban asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
Non Test 1. Portofolio 2. Observasi/Diskusi Test 3. Tes
unjuk kerja |
1.1.
Dokumen Portofolio 1.2.
Lembar pengamatan 3.1. Soal
tes unjuk kerja 3.2. Lembar
observasi unjuk kerja |
Mengatahui Turen, JULI
2018
Kepala SMK Widya Dharma Guru
Mata Pelajaran
WIWIT AGUSTIONO, S.T ROISUL HAQ, S.Pd
Penilaian
1.
Penilaian
Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Indikator Soal |
Jenis Soal |
Soal |
|
3.3
Menganalisis kasus-kasus
pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila untuk mewujudkan harmoni hak dan
kewajiban asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
1) Menjelaskan pengertian Pelanggaran HAM 2) Mengidentifikasi penyebab timbulnya pelanggaran
HAM 3) Mencontohkan Bentuk-bentuk pelanggaran HAM 4)
Menyebutkan Kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia 5)
Menjelaskan upaya pemerintah dalam penegakan HAM 6)
Menjelaskan
upaya Penanganan Kasus pelanggarah HAM 7)
Menjelaskan
perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM
di Indonesia 8)
Menjelaskan
Instrumen HAM di Indonesia 9)
Menjelaskan Undang-undang No. 39 Tahun 1999
tentang HAM 10) Menjelaskan Undang-Undang No. 26
Tahun 2000 tentang Peradilan HAM |
1) Siswa
dapat menjelaskan pengertian Pelanggaran HAM 2) Siswa
dapat Mengidentifikasi penyebab timbulnya
pelanggaran HAM 3) Siswa
dapat Mencontohkan Bentuk-bentuk pelanggaran HAM 4) Siswa
dapat Menyebutkan Kasus Pelanggarahn HAM di
Indonesia 5) Siswa
dapat Menjelaskan upaya pemerintah dalam
penegakan HAM 6)
Siswa dapat menjelaskan upaya Penanganan Kasus pelanggarah HAM 7)
Siswa dapat menjelaskan perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM
di Indonesia 8)
Siswa dapat menjelaskan Instrumen HAM di Indonesia 9)
Siswa dapat menjelaskan Undang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM 10)
Siswa dapat menjelaskan Undang-Undang No. 26 Tahun 2000 tentang
Peradilan HAM |
Tes Tulis Tes tulis Tes Tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis |
1) Jelaskan pengertian Pelanggaran HAM! 2) Identifikasikan penyebab timbulnya pelanggaran
HAM ! 3) Berikan contoh Bentuk-bentuk pelanggaran HAM! 4) Sebutkan Kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia ! 5) Jelaskah upaya pemerintah dalam penegakan HAM ! 6) Jelaskan upaya Penanganan Kasus pelanggarah HAM ! 7) Jelaskan perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM
di Indonesia ! 8) Jelaskan Instrumen HAM di Indonesia ! 9)
Jelaskan
Undang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM! 10)
Jelaskan
Undang-Undang No. 26 Tahun 2000 tentang
Peradilan HAM |
|
Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai Nilai 4 : jika sesuai kunci jawaban dan ada
pengembangan jawaban Nilai 3 : jika jawaban sesuai kunci jawaban Nilai 2 : jika jawaban kurang sesuai dengan kunci
jawaban Nilai 1 :jika jawaban tidak sesuai dengan kunci
jawaban |
KD 3
|
Pengolahan
Nilai |
|||
|
IPK |
No Soal |
Skor Penilaian 1 |
Nilai |
|
1. |
1 |
3 |
Nilai perolehan KD pegetahuan : rerata dari nilai
IPK (36/40) * 100 = 90 |
|
2. |
2 |
3 |
|
|
3. |
3 |
4 |
|
|
4. |
4 |
3 |
|
|
5. |
5 |
4 |
|
|
6. |
6 |
4 |
|
|
7. |
7 |
3 |
|
|
8. |
8 |
4 |
|
|
9. |
9 |
4 |
|
|
10. |
10 |
4 |
|
|
Jumlah |
|
||
Penilaian Ketrampilan
4.1.1 Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak
asasi manusia.
4.1.2
Mengkomunikasikan hasil analisis upaya penegakkan hak asasi manusia
Instrument penilaian kegiatan praktik
|
IPK |
Kategori |
|||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
|
|
4.1.1 Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak asasi manusia |
Tidak dapat Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran
hak asasi manusia |
Terdapat
kesalahan >1 Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak asasi manusia |
Terdapat 1
kesalahan dalam Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak asasi manusia |
Tepat dalam Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran
hak asasi manusia s |
|
4.1.2 Mengkomunikasikan
hasil analisis upaya penegakkan hak asasi manusia |
Tidak dapat Mengkomunikasikan hasil analisis
upaya penegakkan hak asasi manusia |
Terdapat
kesalahan >1 Mengkomunikasikan hasil analisis upaya penegakkan hak asasi
manusia |
Terdapat 1
kesalahan dalam Mengkomunikasikan hasil analisis upaya penegakkan hak asasi
manusia |
Tepat dalam Mengkomunikasikan hasil analisis
upaya penegakkan hak asasi manusia . |
KETERANGAN
RENTANG NILAI :
KATEGORI 1 = NILAI
0 – 25
KATEGORI 2 = NILAI
26 – 50
KATEGORI 3 = NILAI
51 – 75
KATEGORI 4 =
NILAI 76 – 100
Penilaian Keterampilan
1.
Presentasi
2.
Penugasan kelompok
Rubrik Keterampilan Presentasi Menyaji hasil analisis kasus-kasus
pelanggaranhak asasi manusia dalam perspektif Pancasila untuk mewujudkan
harmoni hak dan kewajiban asasi manusia dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
|
No. |
Nama Siswa/Kelompok |
Sistematika Materi |
Pengetahuan |
Penampilan |
||||||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
|
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||
Kriteria
Aspek Kejelasan presentasi/Sistematika
|
Skor 4 |
Sistematika penjelasan logis
dengan bahasa dan suara yang sangat jelas |
|
Skor
3 |
Sistematika penjelasan logis dan
bahasa sangat jelas tetapi suara kurang jelas |
|
Skor
2 |
Sistematika penjelasan tidak logis
meskipun menggunakan bahasa dan suara cukup jelas |
|
Skor
1 |
Sistematika
penjelasan tidak logis meskipun menggunakan bahasa dan suara cukup jelas |
Aspek Pengetahuan
|
Skor 4 |
Menguasai materi presentasi dan
dapat menjawab pertanyaan dengan baik dan kesimpulan mendukung topik yang dibahas |
|
Skor
3 |
Menguasai materi presentasi dan
dapat menjawab pertanyaan dengan baik dan kesimpulan mendukung topik yang dibahas |
|
Skor
2 |
Penguasaan materi kurang meskipun
bisa menjawab seluruh pertanyaan dan kesimpulan tidak berhubungan dengan
topik yang dibahas |
|
Skor
1 |
Materi kurang dikuasai serta tidak
bisa menjawab seluruh pertanyaan dan kesimpulan tidak mendukung topik |
Aspek Penampilan
|
Skor 4 |
Penampilan menarik, sopan dan rapi,
dengan penuh percaya diri serta menggunakan alat bantu |
|
Skor
3 |
Penampilan cukup menarik, sopan,
rapih dan percaya diri menggunakan alat bantu |
|
Skor
2 |
Penampilan kurang menarik, sopan,
rapi tetapi kurang percaya diri serta menggunakan alat bantu |
|
Skor
1 |
Penampilan kurang menarik, sopan,
rapi tetapi tidak percaya diri dan tidak menggunakan alat bantu |
2.
Penilaian Sikap
a.
Instrumen dan
Rubrik Penilaian
LEMBAR
OBSERVASI SIKAP SOSIAL
SMK WIDYA
DHARMA TUREN
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
KELAS : X /OTKP
SEMESTER :
|
NO. |
NAMA |
L/P |
BUTIR
SIKAP SOSIAL |
SKOR
AKHIR |
|||||||||||
|
JUJUR |
DIDIPLIN |
TANGGUNGJAWAB |
|||||||||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||||
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DST. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
FORMAT JURNAL
LEMBAR OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
SMK WIDYA DHARMA TUREN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
KELAS : X /OTKP
SEMESTER :
|
NO. |
NAMA |
L/P |
BUTIR
SIKAP SPIRITUAL |
SKOR
AKHIR |
|||||||||||
|
BERDOA |
KETAATAN
BERIBADAH |
MEMBERI SALAM |
|||||||||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||||
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DST. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Rubrik Penilaian
Kriteria
penskoran
4 : selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 : sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 : kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan sesuai pernyataan dan sering tidak melakukan
1 : tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Kategori nilai sikap:
Sangat
baik : apabila
memperoleh nilai akhir 4
Baik : apabila memperoleh nilai akhir 3
Cukup : apabila
memperoleh nilai akhir 2
Kurang : apabila
memperoleh nilai akhir 1
Nilai akhir sikap diperoleh berdasarkan modus (skor yang sering muncul)
Indikator Penilaian Sikap:
Sikap
spiritual
1.
Berdoa sebelum
dan sesudah melakukan aktivitas
2.
Beribadah
tepat waktu
3.
Mengucapkan salam
Disiplin
1.
Masuk kelas
tepat waktu
2.
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
3.
Menaati
perintah kerja secara lisan dan tertulis
4.
Memakai
seragam sesuai ketentuan
Jujur
1.
Tidak
menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
2.
Mengemukakan
perasaan terhadap sesuau apa adanya
3.
Melaporkan
barang yang ditemukan
4.
Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
Tanggung Jawab
1.
Melaksanakan
tugas individu dengan baik
2.
Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan
3.
Mengembalikan
barang yang dipinjam
4.
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
Program Remedial
Soal
Remidial Bab 1
Jenis tes : Tertulis
Bentuk tes : Uraian
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini secara jelas dan akurat.
1. Bagaimana keterkaitan antara hak asasi manusia
dengan kewajiban asasi manusia?.
2. Mengapa antara hak asasi manusia dengan
kewajiban asasi manusia dalam perwujudanya harus diharmonisasikan?
3. Apa yang akan terjadi apabila dalam proses
penegakkan hak asasi manusia, Pancasila tidak dijadikan dasar atau landasan ?
4. Mengapa liberalisme dan sosialisme tidak patut
dijadikan landasan dalam proses penegakkan Hak Asasi Manusia di Indonesia?
5. Sekarang ini begitu sering terjadi peristiwa
pelanggaran HAM di masyarakat seperti pembunuhan, penculikan, penyiksaan dan
sebagainya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Siapa yang paling bertanggung
jawab untuk mengatasi persoalan tersebut? Apa peran kalian untuk menyelesaikan
persoalan tersebut?
Kunci
Jawaban dan Penyekoran
|
NO. |
KUNCI AWABAN |
SKORE |
|
1 |
1. Hak dan kewajiban asasi merupakan dua hal
yang saling berkaitan. Keduanya memiliki hubungan kausalitas atau hubungan
sebab akibat. Seseorang mendapatkan haknya, dikarenakan dipenuhinya kewajiban
yang dimilikinya. 2. Hak dan kewajiban asasi juga tidak dapat
dipisahkan, karena bagaimanapun dari kewajiban itulah muncul hak-hak dan
sebaliknya |
10 |
|
2 |
Hak
dan kewajiban asasi manusia merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu
sama lain. Seseorang tidak bisa menikmati hak yang dimilikinya, sebelum
memenuhi apa yang yang menjadi kewajibannya. Misalnya seorang pekerja tidak
akan mendapatkan kenaikan upah, apabila tidak menampilkan kinerja yang baik.
Dengan demikian, dapat dipastikan antara hak asasi dan kewajiban asasi dalam
perwujudannya harus diharmonisasikan atau diseimbangkan oleh setiap orang. |
5 |
|
3 |
Maka
penegakan HAM itu tidak sesuai dengan tata nilai budaya bangsa dan
bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku, karena semua
peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia harus berdasarkan
Pancasila. |
5 |
|
4 |
Karena
liberalisme dan sosialisme bertentangan dengan Pancasila, jika dijadikan
dasar dalam penegakan HAM di Indonesia maka penegaakan HAM tidak sesuai
dengan tata nilai budaya bangsa Indonesia dimana liberalisme lebih
menekankanNkepada kebebsan individu, sosialisme lebih menekankan kepada
kepentingan bersama sedangkan Pancasila menghendaki adanya keseimbangan
antara kepentingan individuNdan kepentingan umum |
5 |
|
5 |
a.
Banyak
faktor antara lain; sikap egois, rendahnya kesadaran HAM, sikapt idak
toleran, penyalah gunaan kekuasaan,
ketidaktegasan aparat penegak hukum, penyalahgunaan teknologi dan kesenjangan
soasial ekonomi yang tinggi. b.
Yang
paling bertanggung jawab dalam penegakan Ham adalah Pemerintah beserta aparat
penegak hukum. c.
Peran
warga Negara/siswa adalah menghormati hak asasi orang lain, mendukung setiap
upaya dalam menegakan HAM, melakukan pembelaan terhadap orang yang menjadi
korban pelanggaran HAM |
15 |
|
|
JUMLAH |
40 |
Skor Perolehan
Nilai = ------------------- x 5
40
Program Pengayaan
Peserta didik
diminta melakukan pengamatan dilingkungan tempat tinggalnya atau dilingkungan
sekolah adakah kasus yang berhubungan dengan harmonisasi hak dan kewajiban
asasi manusia sampai saat ini belum terselesaikan dan mengapa hal iti terjadi
dan upaya apa yang sebaiknya dilakukan untuk
menyelesaikan kasus tersebut.
Komentar
Posting Komentar