RPP Kasus-kasus Pelanggaran HAM dalam Perspektif Pancasila

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah                  :  SMK WIDYA DHARMA TUREN

Program Keahlian            :  Semua Program

Kompetensi Keahlian      :  OTKP/AKL/TKJ

Mata Pelajaran                 :  PPKN

Kelas / Semester              :  XI / 3

   Kompetensi Dasar          : 3.1     Menganalisis kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif  Pancasila untuk mewujudkan harmoni hak dan kewajiban asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara wan

 4.1 Menyaji hasil analisis  kasus-kasus pelanggaranhak asasi manusia dalam perspektif Pancasila untuk mewujudkan harmoni hak dan kewajiban asasi manusia dalam  kehidupan berbangsa dan bernegara

Materi Pokok                 : Kasus kasus Pelanggaran HAM dalam Perspektif  Pancasila

Alokasi Waktu               : 6 X 45 menit ( 3  pertemuan)

 

A.      Kompetensi Inti

 

KI.  1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI. 2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI. 3.  Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

B.      Kompetensi Dasar

1.1  menghayati  nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan  kepada Tuhan YME dalam  menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran hak dan kewajiban asasi manusia berdasarkan  perspektif  Pancasila untuk mewujudkan harmoni kehidupan berbangsa dan bernegara

2.1  menghargai nilai-nilai  praksis dalam kasus-kasus  pelanggaran hak dan kewajiban asasi manusia  berdasarkan  perspektif  Pancasila untuk mewujudkan harmoni kehidupan berbangsa dan bernegara

3.1  menganalisis kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif  Pancasila untuk mewujudkan harmoni hak dan kewajiban asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

4.1  menyaji hasil analisis  kasus-kasus pelanggaranhak asasi manusia dalam perspektif Pancasila untuk mewujudkan harmoni hak dan kewajiban asasi manusia dalam  kehidupan berbangsa dan bernegara

 

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi

Setelah mengikuti proses pembelajaran Peserta Didik dapat :

1.1.1    Mensyukuri anugerah Tuhan YME harmonisasi hak dan kewajiban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 1.1.2    Memelihara hubungan baik dengan sesame umat manusia sebagai wujud syukur Kepada Tuhan YMEI

 2.1.1.   Membangun nilai-nilai kejujuran dalam harmonisasi antara hak dan kewajiban asasi manusia sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

2.1.2  Membangun nilai-nilai kedisiplinan dalam harmonisasi hak dan kewajiban asasi manusia sesuai dengan Pancasila dalam kehiduberbangsa dan bernegara

3.1.1    Menjelaskan pengertian Pelanggaran HAM

3.1.2    Mengidentifikasi penyebab timbulnya pelanggaran HAM

3.1.3    Mencontohkan Bentuk-bentuk pelanggaran HAM

       3.1.4    Menyebutkan Kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia

3.1.5    Menjelaskan upaya pemerintah dalam penegakan HAM

3.1.6    Menjelaskan upaya  Penanganan Kasus pelanggarah HAM

       3.1.7    Menganalisis perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia

       3.1.8    Menjelaskan Instrumen HAM di Indonesia

       3.1.9    Menjelaskan uUndang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM

3.1.10Menjelaskan uUndang-Undang No. 26 Tahun 2000 tentang Peradilan HAM

4.1.1   Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak asasi manusia.

4.1.2      Mengkomunikasikan hasil analisis upaya penegakkan hak asasi manusia

 

D.    Tujuan Pembelajaran :

 

Setelah berdiskusi dan menggali informasi :

1.     Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Pelanggaran HAM dengan benar dan mandiri

2.     Peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab timbulnya pelanggaran HAM dengan benar dan tanggung jawab

3.     Peserta didik dapat mencontohkan Bentuk-bentuk pelanggaran HAM dengan benar dan mandiri

4.     Peserta didik dapat menyebutkan Kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia dengan benar dan mandiri

5.     Peserta didik dapat menjelaskan upaya pemerintah dalam penegakan HAM dengan benar dan tanggung jawab

6.     Peserta didik dapat menjelaskan upaya  Penanganan Kasus pelanggarah HAM dengan benar dan mandiri

7.    Peserta didik dapat menganalisis perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia dengan benar dan tanggung jawab

8.     Peserta didik dapat menjelaskan Instrumen HAM di Indonesia dengan benar dan mandiri

9.     Peserta didik dapat menjelaskan uUndang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM dengan benar dan tanggung jawab

10. Peserta didik dapat menjelaskan uUndang-Undang No. 26 Tahun 2000 tentang Peradilan HAM dengan benar dan tanggung jawab

11. Peserta didik dapat menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak asasi manusia dengan benar dan mandiri

12. Peserta didik dapat mengkomunikasikan hasil analisis upaya penegakkan hak asasi manusia dengan benar dan mandiri

 

E.    Materi Pembelajaran

 

Fakta

 Kasus –kasus pelanggaran HAM seperti kekerasan terhadap TKW, perampokan dan pembunuhan.

 

Konsep

1.          Pengertian Pelanggaran HAM

2.          Penyebab timbulnya pelanggaran HAM

3.          Bentuk-bentuk pelanggaran HAM

4.          Kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia

5.          Upaya pemerintah dalam penegakan HAM

6.          Upaya  Penanganan Kasus pelanggarah HAM

7.          Perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia

8.          Instrumen HAM di Indonesia

9.          Undang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM

10.      Undang-Undang No. 26 Tahun 2000 tentang Peradilan HAM

 

Prosedur

 Proses Peradilan HAM di Indonesia

 

Metakognitif

Menganalisis penyebab timbulnya pelanggaran hak asasi manusia.

 

E.       Metode Pembelajaran

a.       Pendekatan                       : Saintifik

b.       Model Pembelajaran      : Problem Based Learning

c.       Metode                                : Ceramah, diskusi kelompok,tanya jawab, dan penugasan

                               

F.       Kegiatan Pembelajaran

 

Pertemuan ke -1

 

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN

KARAKTER

WAKTU

Pendahuluan

·      Guru masuk kelas tepat waktu dan mengucapkan salam

·      Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa sebelum pembelajaran akan dimulai

·      Guru mengintruksikan kepada siswa untuk memperhatikan kebersihan kelas sebelum pembelajaran dimulai

·      Guru mengabsen dan mengisi jurnal kelas

·      Siswa menerima informasi tentang kompetensi yang akan dipelajari, tujuan, materi, langkah- langkah pembelajaran serta teknik penilaian yang akan dilaksanakan.

·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa baik kemampuan proses maupun kemampuan produk serta manfaatnya bagi karir siswa (motivasi).

·      Sebagai apersepsi, untuk mendorong rasa ingin tahu dan berfikir kritis, siswa menjawab pertanyaan guru mengenai kemampuan dasarnya dalam materi kearsipan

 

Disiplin dan religius

Religius

 

 

Peduli lingkungan

10 menit

Inti

 

Mengorientasikan siswa pada masalah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengorganisasikan siswa untuk belajar (pembentukan kelompok)

 

 

 

 

 

Membantu siswa penyelidikan secara mandiri/kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan memamerkannya

 

 

 

 

 

 

 

Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah

 

 

Mengamati :

·      Guru meminta siswa mengamati tayangan tentang pengertian Pelanggaran HAM, penyebab timbulnya pelanggaran HAM, bentuk-bentuk pelanggaran HAM, kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia

melalui LCD

·      Siswa membaca buku sumber yang berkaitan dengan materi pengertian Pelanggaran HAM, penyebab timbulnya pelanggaran HAM, bentuk-bentuk pelanggaran HAM, kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia

 

Menanya :

·      Siswa mengajukan hal-hal yang belum dipahami terkait materi pengertian Pelanggaran HAM, penyebab timbulnya pelanggaran HAM, bentuk-bentuk pelanggaran HAM, kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia yang disajikan. Jika ada masalah, guru mempersilahkan pada siswa lain untuk memberikan tanggapan

 

Mengekplorasi  :

·      Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok dalam usaha mencari solusi pemecahan masalah secara berdiskusi, dimana 1 kelompok beranggotakan 4 orang. Permasalahan  yang dibahas berhubungan dengan pengertian Pelanggaran HAM, penyebab timbulnya pelanggaran HAM, bentuk-bentuk pelanggaran HAM, kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia (Tugas kelompok terstruktur/ LK 1)

·      Guru membimbing siswa memecahkan masalah yang belum dapat dipecahkan oleh siswa serta mengorganisasikan tugas belajar

·      Guru meminta siswa membaca materi yang akan diajarkan pada buku paket (literasi) mengenai pengertian Pelanggaran HAM, penyebab timbulnya pelanggaran HAM, bentuk-bentuk pelanggaran HAM, kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia

·      Guru mendorong siswa untukmengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan

·      Siswa berusaha mencari informasi dari berbagai media

·      Guru mendorong siswa melaksanakan diskusi untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah

·      Guru berkeliling mencermati siswa bekerja, mencermati dan menemukan berbagai kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami.

 

Mengasosiasi :

·      Siswa menganalisis hasil dari informasi yang telah diperoleh sampai pada akhirnya dapat memecahkan masalah mengenai pengertian Pelanggaran HAM, penyebab timbulnya pelanggaran HAM, bentuk-bentuk pelanggaran HAM, kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia

·      Guru membimbing siswa  dalam merencanakan dan menyiapkan laporan hasil diskusi

 

Mengkomunikasikan :

·      Guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi

·      Guru meminta siswa dari kelompok lain untuk mengajukan pertanyaan, pendapat/saran

·      Guru memberikan penghargaan dan apresiasi kepada kelompok atau individu yang telah berpartisipasi aktif dalam proses diskusi

·      Guru membantu siswa dalam melakukan refleksi dan evaluasi terhadap proses pemecahan  masalah

 

 

 

 

 

 

 

Gemar membaca/literasi

Mandiri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gemar membaca/literasi

Mandiri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komunikasi

70 menit

Penutup

·         Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari

·         Siswa mengerjakan soal evaluasi

·         Guru memberikan umpan balik

·         Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

·         Guru menutup pelajaran dengan mengucap salam

Gotong royong

Mandiri

10 Menit

 

Pertemuan ke -2

 

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN

KARAKTER

WAKTU

Pendahuluan

·      Guru masuk kelas tepat waktu dan mengucapkan salam

·      Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa sebelum pembelajaran akan dimulai

·      Guru mengintruksikan kepada siswa untuk memperhatikan kebersihan kelas sebelum pembelajaran dimulai

·      Guru mengabsen dan mengisi jurnal kelas

·      Siswa menerima informasi tentang kompetensi yang akan dipelajari, tujuan, materi, langkah- langkah pembelajaran serta teknik penilaian yang akan dilaksanakan.

·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa baik kemampuan proses maupun kemampuan produk serta manfaatnya bagi karir siswa (motivasi).

·      Sebagai apersepsi, untuk mendorong rasa ingin tahu dan berfikir kritis, siswa menjawab pertanyaan guru mengenai kemampuan dasarnya dalam materi kearsipan

 

Disiplin dan religius

Religius

 

 

Peduli lingkungan

10 menit

Inti

 

Mengorientasikan siswa pada masalah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengorganisasikan siswa untuk belajar (pembentukan kelompok)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membantu siswa penyelidikan secara mandiri/kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan memamerkannya

 

 

 

 

 

 

Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah

 

 

Mengamati :

·      Guru meminta siswa mengamati tayangan tentang materi Upaya pemerintah dalam penegakan HAM, Upaya  Penanganan Kasus pelanggarah HAM, Perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia melalui LCD

·      Siswa membaca buku sumber yang berkaitan dengan materi Upaya pemerintah dalam penegakan HAM, Upaya  Penanganan Kasus pelanggarah HAM, Perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia

 

Menanya :

·      Siswa mengajukan hal-hal yang belum dipahami terkait materi Upaya pemerintah dalam penegakan HAM, Upaya  Penanganan Kasus pelanggarah HAM, Perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia yang disajikan. Jika ada masalah, guru mempersilahkan pada siswa lain untuk memberikan tanggapan

 

 

Mengekplorasi  :

·      Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok dalam usaha mencari solusi pemecahan masalah secara berdiskusi, dimana 1 kelompok beranggotakan 4 orang. Permasalahan  yang dibahas berhubungan dengan Upaya pemerintah dalam penegakan HAM, Upaya  Penanganan Kasus pelanggarah HAM, Perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia 

 

·      Guru membimbing siswa memecahkan masalah yang belum dapat dipecahkan oleh siswa serta mengorganisasikan tugas belajar

·      Guru meminta siswa membaca materi yang akan diajarkan pada buku paket (literasi) mengenai Upaya pemerintah dalam penegakan HAM, Upaya  Penanganan Kasus pelanggarah HAM, Perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia

·      Guru mendorong siswa untukmengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan

·      Siswa berusaha mencari informasi dari berbagai media

·      Guru mendorong siswa melaksanakan diskusi untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah

·      Guru berkeliling mencermati siswa bekerja, mencermati dan menemukan berbagai kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami.

 

 

Mengasosiasi :

·      Siswa menganalisis hasil dari informasi yang telah diperoleh sampai pada akhirnya dapat memecahkan masalah mengenai Upaya pemerintah dalam penegakan HAM, Upaya  Penanganan Kasus pelanggarah HAM, Perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia

·      Guru membimbing siswa  dalam merencanakan dan menyiapkan laporan hasil diskusi

Mengkomunikasikan :

·      Guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi

·      Guru meminta siswa dari kelompok lain untuk mengajukan pertanyaan, pendapat/saran

·      Guru memberikan penghargaan dan apresiasi kepada kelompok atau individu yang telah berpartisipasi aktif dalam proses diskusi

 

·      Guru membantu siswa dalam melakukan refleksi dan evaluasi terhadap proses pemecahan  masalah

 

 

 

 

 

 

Gemar membaca/

Literasi

Mandiri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gemar membaca/literasi

Mandiri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komunikasi

70 menit

Penutup

·         Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari

·         Siswa mengerjakan soal evaluasi

·         Guru memberikan umpan balik

·         Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

·         Guru menutup pelajaran dengan mengucap salam

Gotong royong

Mandiri

10 Menit

 

 

Pertemuan ke -3

 

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN

KARAKTER

WAKTU

Pendahuluan

·      Guru masuk kelas tepat waktu dan mengucapkan salam

·      Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa sebelum pembelajaran akan dimulai

·      Guru mengintruksikan kepada siswa untuk memperhatikan kebersihan kelas sebelum pembelajaran dimulai

·      Guru mengabsen dan mengisi jurnal kelas

·      Siswa menerima informasi tentang kompetensi yang akan dipelajari, tujuan, materi, langkah- langkah pembelajaran serta teknik penilaian yang akan dilaksanakan.

·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa baik kemampuan proses maupun kemampuan produk serta manfaatnya bagi karir siswa (motivasi).

·      Sebagai apersepsi, untuk mendorong rasa ingin tahu dan berfikir kritis, siswa menjawab pertanyaan guru mengenai kemampuan dasarnya dalam materi kearsipan

 

Disiplin dan religius

Religius

 

 

Peduli lingkungan

10 menit

Inti

 

Mengorientasikan siswa pada masalah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengorganisasikan siswa untuk belajar (pembentukan kelompok)

 

 

 

 

Membantu siswa penyelidikan secara mandiri/kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan memamerkannya

 

 

 

 

Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah

 

 

Mengamati :

·      Guru meminta siswa mengamati tayangan tentang materi Instrumen HAM di Indonesia, Undang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM, Undang-Undang No. 26 Tahun 2000 tentang Peradilan HAM melalui LCD

·      Siswa membaca buku sumber yang berkaitan dengan materi Instrumen HAM di Indonesia, Undang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM, Undang-Undang No. 26 Tahun 2000 tentang Peradilan HAM

 

Menanya :

·      Siswa mengajukan hal-hal yang belum dipahami terkait materi Instrumen HAM di Indonesia, Undang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM, Undang-Undang No. 26 Tahun 2000 tentang Peradilan HAM yang disajikan. Jika ada masalah, guru mempersilahkan pada siswa lain untuk memberikan tanggapan

 

Mengekplorasi  :

·      Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok dalam usaha mencari solusi pemecahan masalah secara berdiskusi, dimana 1 kelompok beranggotakan 4 orang. Permasalahan  yang dibahas berhubungan dengan Instrumen HAM di Indonesia, Undang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM, Undang-Undang No. 26 Tahun 2000 tentang Peradilan HAM

·      Guru membimbing siswa memecahkan masalah yang belum dapat dipecahkan oleh siswa serta mengorganisasikan tugas belajar

·      Guru meminta siswa membaca materi yang akan diajarkan pada buku paket (literasi) Instrumen HAM di Indonesia, Undang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM, Undang-Undang No. 26 Tahun 2000 tentang Peradilan HAM

·      Guru mendorong siswa untukmengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan

·      Siswa berusaha mencari informasi dari berbagai media

·      Guru mendorong siswa melaksanakan diskusi untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah

·      Guru berkeliling mencermati siswa bekerja, mencermati dan menemukan berbagai kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami.

 

Mengasosiasi :

·      Siswa menganalisis hasil dari informasi yang telah diperoleh sampai pada akhirnya dapat memecahkan masalah mengenai Instrumen HAM di Indonesia, Undang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM, Undang-Undang No. 26 Tahun 2000 tentang Peradilan HAM

·      Guru membimbing siswa  dalam merencanakan dan menyiapkan laporan hasil diskusi

 

Mengkomunikasikan :

·      Guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi

·      Guru meminta siswa dari kelompok lain untuk mengajukan pertanyaan, pendapat/saran

·      Guru memberikan penghargaan dan apresiasi kepada kelompok atau individu yang telah berpartisipasi aktif dalam proses diskusi

 

·      Guru membantu siswa dalam melakukan refleksi dan evaluasi terhadap proses pemecahan  masalah

 

 

 

 

 

Gemar membaca/

Literasi

Mandiri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gemar membaca/literasi

Mandiri

 

 

 

 

 

 

 

i

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komunikasi

70 menit

Penutup

·         Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari

·         Siswa mengerjakan soal evaluasi

·         Guru memberikan umpan balik

·         Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

·         Guru menutup pelajaran dengan mengucap salam

Gotong royong

Mandiri

10 Menit

 

Penilaian Pembelajaran

a.    Teknik   : Non Test dan Test

 

No.

Aspek

Jenis/Teknik

Instrumen Penilaian *)

1.

Sikap

 

Non tes

·         Observasi

·         Jurnal

 

·       Lembar Observasi

·       Form Jurnal

2.

Pengetahuan

3.1  Menganalisis kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif  Pancasila untuk mewujudkan harmoni hak dan kewajiban asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

Test

1.       Tertulis

 

Non Test

1.       Penugasan

 

1.1.    Soal Test tertulis

1.2.    Lembar jawaban tes tertulis

 

1.1.   Lembar Tugas

1.2.   Lembar Penilaian Tugas

3.

Keterampilan

4.1    Menyaji hasil analisis  kasus-kasus pelanggaranhak asasi manusia dalam perspektif Pancasila untuk mewujudkan harmoni hak dan kewajiban asasi manusia dalam  kehidupan berbangsa dan bernegara

Non Test

1.   Portofolio

2.   Observasi/Diskusi

 

Test

3.       Tes unjuk kerja

 

1.1.   Dokumen Portofolio

1.2.    Lembar pengamatan

 

 

3.1.     Soal tes unjuk kerja

3.2.     Lembar observasi unjuk kerja

 

 

Mengatahui                                                                                                                       Turen,     JULI 2018

Kepala SMK Widya Dharma                                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

WIWIT AGUSTIONO, S.T                                                                            ROISUL HAQ, S.Pd      

 

Penilaian

 

1.              Penilaian Pengetahuan

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator Soal

Jenis Soal

Soal

3.3      Menganalisis kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif  Pancasila untuk mewujudkan harmoni hak dan kewajiban asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1)     Menjelaskan  pengertian Pelanggaran HAM

 

 

 

2)     Mengidentifikasi penyebab timbulnya pelanggaran HAM

 

3)     Mencontohkan Bentuk-bentuk pelanggaran HAM

 

 

 

4)     Menyebutkan Kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia

 

 

 

 

5)     Menjelaskan upaya pemerintah dalam penegakan HAM

 

 

6)     Menjelaskan  upaya  Penanganan Kasus pelanggarah HAM

 

 

7)     Menjelaskan  perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia

 

 

8)     Menjelaskan  Instrumen HAM di Indonesia

 

 

9)     Menjelaskan Undang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM

 

 

10)  Menjelaskan  Undang-Undang No. 26 Tahun 2000 tentang Peradilan HAM

 

 

 

1)    Siswa dapat menjelaskan   pengertian Pelanggaran HAM

 

2)    Siswa dapat  Mengidentifikasi penyebab timbulnya pelanggaran HAM

 

3)    Siswa dapat  Mencontohkan Bentuk-bentuk pelanggaran HAM   

 

4)    Siswa dapat  Menyebutkan Kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia

 

 

5)    Siswa dapat    Menjelaskan upaya pemerintah dalam penegakan HAM

 

6)    Siswa dapat menjelaskan   upaya  Penanganan Kasus pelanggarah HAM

 

 

 

7)    Siswa dapat menjelaskan   perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia

 

 

8)    Siswa dapat menjelaskan   Instrumen HAM di Indonesia

 

 

9)    Siswa dapat menjelaskan    Undang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM

 

10)    Siswa dapat menjelaskan    Undang-Undang No. 26 Tahun 2000 tentang Peradilan HAM   

 

 

Tes Tulis

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

Tes Tulis

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

Tes

tulis

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

1)    Jelaskan   pengertian Pelanggaran HAM!

 

 

 

 

2)    Identifikasikan penyebab timbulnya pelanggaran HAM !

 

 

3)    Berikan contoh Bentuk-bentuk pelanggaran HAM!

 

 

 

 

 

4)      Sebutkan Kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia !

 

 

 

5)      Jelaskah upaya pemerintah dalam penegakan HAM !

 

 

6)      Jelaskan  upaya  Penanganan Kasus pelanggarah HAM  !

 

 

 

 

7)      Jelaskan   perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia !

 

 

 

 

8)       Jelaskan  Instrumen HAM di Indonesia !

 

 

 

9)      Jelaskan   Undang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM!

 

 

 

10)   Jelaskan    Undang-Undang No. 26 Tahun 2000 tentang Peradilan HAM

 

 

 

 

 

Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai

Nilai 4 : jika sesuai kunci jawaban dan ada pengembangan jawaban

Nilai 3 : jika jawaban sesuai kunci jawaban

Nilai 2 : jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban

Nilai 1 :jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban

 

KD 3

 

Pengolahan Nilai

IPK

No Soal

Skor Penilaian 1

Nilai

1.

1

3

Nilai perolehan KD pegetahuan : rerata dari nilai IPK

 

(36/40) * 100 = 90

2.

2

3

3.

3

4

4.

4

3

5.

5

4

6.

6

4

7.

7

3

8.

8

4

9.

9

4

10.

10

4

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian Ketrampilan

 

4.1.1   Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak asasi manusia.

4.1.2   Mengkomunikasikan hasil analisis upaya penegakkan hak asasi manusia

 

Instrument penilaian kegiatan praktik

 

IPK

Kategori

1

2

3

4

4.1.1 Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak asasi manusia

Tidak dapat Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak asasi manusia

 

Terdapat kesalahan >1 Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak asasi manusia

Terdapat 1 kesalahan dalam Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak asasi manusia

Tepat dalam Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak asasi manusia s

4.1.2    Mengkomunikasikan hasil analisis upaya penegakkan hak asasi manusia

Tidak dapat Mengkomunikasikan hasil analisis upaya penegakkan hak asasi manusia

Terdapat kesalahan >1 Mengkomunikasikan hasil analisis upaya penegakkan hak asasi manusia

 

Terdapat 1 kesalahan dalam Mengkomunikasikan hasil analisis upaya penegakkan hak asasi manusia

Tepat dalam Mengkomunikasikan hasil analisis upaya penegakkan hak asasi manusia

 

.

 

KETERANGAN RENTANG NILAI :

KATEGORI   1 =  NILAI    0 – 25

KATEGORI   2 =  NILAI   26 – 50

KATEGORI   3 =  NILAI   51 – 75

KATEGORI   4 =  NILAI   76 – 100

 

Penilaian Keterampilan

1.       Presentasi

2.       Penugasan kelompok

 

Rubrik Keterampilan Presentasi Menyaji hasil analisis  kasus-kasus pelanggaranhak asasi manusia dalam perspektif Pancasila untuk mewujudkan harmoni hak dan kewajiban asasi manusia dalam  kehidupan berbangsa dan bernegara

No.

Nama Siswa/Kelompok

Sistematika Materi

Pengetahuan

Penampilan

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 

Aspek Kejelasan presentasi/Sistematika

Skor 4

Sistematika penjelasan logis dengan  bahasa dan suara yang  sangat jelas

Skor 3

Sistematika penjelasan logis dan bahasa sangat jelas tetapi suara kurang jelas

Skor 2

Sistematika penjelasan tidak logis meskipun menggunakan bahasa dan suara cukup jelas

Skor 1

Sistematika penjelasan tidak logis meskipun menggunakan bahasa dan suara cukup jelas

 

Aspek Pengetahuan 

Skor 4

Menguasai materi presentasi dan dapat menjawab pertanyaan dengan baik dan kesimpulan mendukung  topik yang dibahas  

Skor 3

Menguasai materi presentasi dan dapat menjawab pertanyaan dengan baik dan kesimpulan mendukung  topik yang dibahas  

Skor 2

Penguasaan materi kurang meskipun bisa menjawab seluruh pertanyaan dan kesimpulan tidak berhubungan dengan topik yang dibahas

Skor 1

Materi kurang dikuasai serta tidak bisa menjawab seluruh pertanyaan dan kesimpulan tidak mendukung topik

Aspek Penampilan 

Skor 4

Penampilan menarik, sopan dan rapi, dengan penuh percaya diri serta menggunakan alat bantu

Skor 3

Penampilan cukup menarik, sopan, rapih dan percaya diri menggunakan alat bantu

Skor 2

Penampilan kurang menarik, sopan, rapi tetapi kurang percaya diri serta menggunakan alat bantu

Skor 1

Penampilan kurang menarik, sopan, rapi tetapi tidak percaya diri dan tidak menggunakan alat bantu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.              Penilaian Sikap

a.          Instrumen dan Rubrik Penilaian

 

LEMBAR OBSERVASI SIKAP SOSIAL

SMK WIDYA DHARMA TUREN

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

KELAS    : X /OTKP

SEMESTER           :                                                              

NO.

NAMA

L/P

BUTIR SIKAP SOSIAL

SKOR AKHIR

JUJUR

DIDIPLIN

TANGGUNGJAWAB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DST.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.         FORMAT JURNAL

LEMBAR OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL

SMK WIDYA DHARMA TUREN

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

KELAS                          : X /OTKP

SEMESTER                 :                                                              

NO.

NAMA

L/P

BUTIR SIKAP SPIRITUAL

SKOR AKHIR

BERDOA

KETAATAN BERIBADAH

MEMBERI   SALAM

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DST.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.    Rubrik Penilaian

Kriteria penskoran

4    :     selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3    :     sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2    :     kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan sesuai pernyataan dan sering tidak melakukan

1    :     tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

Kategori nilai sikap:

Sangat baik  :     apabila memperoleh nilai akhir 4

Baik                 :     apabila memperoleh nilai akhir 3

Cukup            :     apabila memperoleh nilai akhir 2

Kurang           :     apabila memperoleh nilai akhir 1

Nilai akhir sikap diperoleh berdasarkan modus (skor yang sering muncul)

 

Indikator Penilaian Sikap:

Sikap spiritual

1.    Berdoa sebelum dan sesudah melakukan aktivitas

2.    Beribadah tepat waktu

3.    Mengucapkan salam

 

Disiplin

1.    Masuk kelas tepat waktu

2.    Mengumpulkan tugas tepat waktu

3.    Menaati perintah kerja secara lisan dan tertulis

4.    Memakai seragam sesuai ketentuan

 

Jujur

1.    Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan

2.    Mengemukakan perasaan terhadap sesuau apa adanya

3.    Melaporkan barang yang ditemukan

4.    Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

 

Tanggung Jawab

1.    Melaksanakan tugas individu dengan baik

2.    Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan

3.    Mengembalikan barang yang dipinjam

        4.   Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan

 

Program Remedial

Soal Remidial  Bab 1

Jenis tes : Tertulis

Bentuk tes : Uraian

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini secara jelas dan akurat.

1.       Bagaimana keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia?.

2.       Mengapa antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia dalam perwujudanya harus diharmonisasikan?

3.       Apa yang akan terjadi apabila dalam proses penegakkan hak asasi manusia, Pancasila tidak dijadikan dasar atau landasan ?

4.       Mengapa liberalisme dan sosialisme tidak patut dijadikan landasan dalam proses penegakkan Hak Asasi Manusia di Indonesia?

5.       Sekarang ini begitu sering terjadi peristiwa pelanggaran HAM di masyarakat seperti pembunuhan, penculikan, penyiksaan dan sebagainya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Siapa yang paling bertanggung jawab untuk mengatasi persoalan tersebut? Apa peran kalian untuk menyelesaikan persoalan tersebut?

 

Kunci Jawaban dan Penyekoran

NO.

KUNCI AWABAN

SKORE

1

1. Hak dan kewajiban asasi merupakan dua hal yang saling berkaitan. Keduanya memiliki hubungan kausalitas atau hubungan sebab akibat. Seseorang mendapatkan haknya, dikarenakan dipenuhinya kewajiban yang dimilikinya.

2. Hak dan kewajiban asasi juga tidak dapat dipisahkan, karena bagaimanapun dari kewajiban itulah muncul hak-hak dan sebaliknya

10

2

Hak dan kewajiban asasi manusia merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Seseorang tidak bisa menikmati hak yang dimilikinya, sebelum memenuhi apa yang yang menjadi kewajibannya. Misalnya seorang pekerja tidak akan mendapatkan kenaikan upah, apabila tidak menampilkan kinerja yang baik. Dengan demikian, dapat dipastikan antara hak asasi dan kewajiban asasi dalam perwujudannya harus diharmonisasikan atau diseimbangkan oleh setiap orang.

5

3

Maka penegakan HAM itu tidak sesuai dengan tata nilai budaya bangsa dan bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku, karena semua peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia harus berdasarkan Pancasila.

5

4

Karena liberalisme dan sosialisme bertentangan dengan Pancasila, jika dijadikan dasar dalam penegakan HAM di Indonesia maka penegaakan HAM tidak sesuai dengan tata nilai budaya bangsa Indonesia dimana liberalisme lebih menekankanNkepada kebebsan individu, sosialisme lebih menekankan kepada kepentingan bersama sedangkan Pancasila menghendaki adanya keseimbangan antara kepentingan individuNdan kepentingan umum

5

5

a.    Banyak faktor antara lain; sikap egois, rendahnya kesadaran HAM, sikapt idak toleran,   penyalah gunaan kekuasaan, ketidaktegasan aparat penegak hukum, penyalahgunaan teknologi dan kesenjangan soasial ekonomi yang tinggi.

b.    Yang paling bertanggung jawab dalam penegakan Ham adalah Pemerintah beserta aparat penegak hukum.

c.     Peran warga Negara/siswa adalah menghormati hak asasi orang lain, mendukung setiap upaya dalam menegakan HAM, melakukan pembelaan terhadap orang yang menjadi korban pelanggaran HAM

15

 

JUMLAH

40

           Skor Perolehan
Nilai = ------------------- x 5
                  40

Program Pengayaan

Peserta didik diminta melakukan pengamatan dilingkungan tempat tinggalnya atau dilingkungan sekolah adakah kasus yang berhubungan dengan harmonisasi hak dan kewajiban asasi manusia sampai saat ini belum terselesaikan dan mengapa hal iti terjadi dan upaya apa yang sebaiknya dilakukan untuk

menyelesaikan kasus tersebut.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP LENGKAP PKN KD. PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

RPP PKN (HAK ASASI MANUSIA)

PREDIKSI SOAL TES AKHIR GURU BELAJAR SERI PENDIDIKAN INKLUSIF (25 SOAL)