RPP Peran Indonesia dalam Hubungan Internasonal

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Sekolah                        : SMK WIDYA DHARMA TUREN

Kelas/Semester             : XI / 2

Mata Pelajaran              : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

Materi Pokok                 : Peran Indonesia Dalam Hubungan Internasional

Alokasi Waktu             : 4 x 45  menit (2 X Pertemuan)

 

                          

A.   Kompetensi Inti

1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran yang dianutnya.

2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan perabadan terkait penyebab penomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.       Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

 

B. Kompetensi Dasar

1.4. Menghargai karakter berahklak mulia dalam memperkuat komitmen negara

       kesatuan.

2.1. Mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup dan ideologi

       nasional dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

3.5. Mengevaluasi peran Indonesia dalam hubungan internasional.

4.5. Menyaji hasil evaluasi dari berbagai media massa tentang peran Indonesia dalam hubungan internasional.

 

 

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi

 

1.       Indikator KD pada KI-1.  

1.4.1.  Berserah diri (tawakal) kepada Tuhan setelah berikhtiar atau melakukan usaha.

1.4.2.  Menjaga lingkungan hidup disekitar rumah tempat tinggal, sekolah dan

           masyarakat

1.4.3.  Memelihara hubungan baik dengan sesama umat beragama yang berbeda-beda

 

2.                                   Indikator KD pada KI-2.  

      2.1.1.  Menunjukan perilaku jujur dalam proses pembelajaran

      2.1.2.  Menunjukan perilaku disiplin dalam proses pembelajaran

      2.1.3.  Menunjukan perilaku tanggung jawab dalam proses pembelajaran

 

3.                                   Indikator KD pada KI-3

      3.5.1. Menjelaskan makna hubungan internasional

      3.5.2. Menganalisis pentingnya hubungan internasional bagi Indonesia

      3.5.3. Mengidentifikasi manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia dalam menjalin

                hubungan internasional.

      3.5.4. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama yang dikembangkan Indonesia

                berdasarkan politik luar negeri bebas aktif.

      3.5.5.Menjelaskan makna perjanjian internasional

      3.5.6. Menjelaskan asas-asas perjanjian internasional

      3.5.7. Mengidentifikasi tahap-tahap perjanjian internasional

      3.5.8. Mengidentifikasi perwakilan diplomatik yang berada di Indonesia

      3.5.9. Menganalisis kedudukan perwakilan diplomatik Indonesia

 

4.                                   Indikator KD pada KI-4

      4.5.1.Menyusun hasil evaluasi dari berbagai media massa tentang peran Indonesia

  dalam hubungan internasional

      4.5.2.Menyaji hasil evaluasi dari berbagai media massa tentang peran Indonesia

   dalam hubungan internasional

 

D.                                                                                       Kegiatan Pembelajaran

    Pertemuan 1

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu

 

Pendahuluan

                                  

Pendahuluan (15 Menit)

  1. Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif dan menyenangkan untuk proses belajar-mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, agenda kegiatan), menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
  2. Guru dan peserta didik mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan pada pertemuan sebelumnya.
  3. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.

 

15 menit

 

Inti

 

Kegiatan Inti (65 Menit)

 

Mengamati

  1.  Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok terdiri atas 5 – 6 orang
  2. Peserta didik mengamati Gambar 5.4, kemudian guru dapat menambahkan penjelasan tentang gambar tersebut dengan berbagai fakta baru yang berhubungan dengan perjanjian internasional yang dilakukan oleh Indonesia.
  3. Guru memberikan stimulasi dengan mengajukan pertanyaanpertanyaan yang dapat menghadapkan peserta didik pada kondisi internal yang mendorong eksplorasi.

 

Menanya

  1. Peserta didik secara kelompok diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sekaligus mencatat pertanyaan yang ingin diketahui tentang perjanjian internasional yang dilakukan oleh Indonesia. Guru membimbing dan mendorong peserta didik untuk terus menggali rasa ingin tahu dengan pertanyaan yang mendalam. Daftar pertanyaan

misalnya disusun sebagai berikut:

  1. Mengapa negara melakukan perjanjian internasional?
  2. Untuk apa perjanjian internasional itu dibuat?
  3. Bagaimana proses pembuatan perjanjian internasional?
  4. Apa akibatnya jika suatu negara melanggar perjanjian internasional?

 

Mengumpulkan Informasi/ data

  1. Peserta didik mencari informasi sebagai jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi Bab 5 Sub-bab B. tentang Perjanjian Internasional yang dilakukan Indonesia.
  2. Peserta didik juga mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Tugas Kelompok 5.1 dan Tugas Kelompok 5.2.

 

 Menalar

  1. Peserta didik secara kelompok menghubungkan informasi yang diperoleh sebagai dasar untuk menarik kesimpulan tentang perjanjian internasional yang berdampak positif bagi bangsa Indonesia.
  2. Guru membimbing peserta didik menyusun laporan hasil telaah tentang makna perjanjian internasional, tahap-tahap perjanjianinternasional, dan perjanjian internasional yang Dilakukan Indonesia.

 

Mengomunikasikan

  1.  Peserta didik secara kelompok mempresentasikan hasil telaah tentang makna perjanjian internasional, tahap-tahap perjanjian internasional, perjanjian bilateral yang dilakukan Indonesia.
  2. Kelompok lain saling memberikan komentar dan masukan dari kelompok lain. Peserta didik dapat melakukan penyajian sesuai

dengan kondisi sekolah.

 

 

65 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

Penutup

 

Penutup (15 Menit )

  1.  Guru dan peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas pada pertemuan ini.
  2. Peserta didik diminta untuk mempelajari materi berikutnya yaitu Subbab C tentang Kedudukan Perwakilan Diplomatik Indonesia.
  3. Guru dan peserta didik menutup kegiatan dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.

 

 

10 menit

 

 

E. Penilaian

  1. Penilaian sikap

Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dalam mengumpulkan data dari berbagai sumber berkaitan dengan perjanjian internasional yang dilakukan Indonesia dan tingkat perhatian peserta didik pada saat berdiskusi. Aspek yang dinilai adalah iman taqwa, toleransi, disiplin, jujur, tanggung jawab.

 

Pedoman Pengamatan Sikap

Kelas : ……………………….

Hari, Tanggal : ……………………….

Pertemuan Ke- : ……………………….

Materi Pokok : ……………………….

 

No

N a m a Peserta

Didik

Aspek Penilaian

Iman

Taqwa

Rasa syukur

Jujur

disiplin

tanggungjawab

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :

Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai dengan aspek sikap yang dinilai

Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai dengan aspek sikap yang dinilai

Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai dengan aspek sikap yang dinilai

Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai dengan aspek sikap yang dinilai

 

           Skor Perolehan

Nilai = --------------------- x 4

                   20

 

  1. Penilain Pengetahuan

 

Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menilai hasil penugasan yaitu Tugas Kelompok 5.2.

           Pensekoran Tugas Kelompok 5.2

           Nomor 1 – 13 masing-masing skornya 2 sehingga skor maksimal adalah 26.

 

                  Skor Perolehan

       Nilai = -------------------- x 4

                  26

 

  1. Penilaian Keterampilan

 

Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik

dalam mempresentasikan pengumpulan data tentang istilah-istilah perjanjian

internasional, tahap-tahap perjanjian internasional dan identifikasi perjanjian

bilateral yang dilakukan Indonesia.

 

 

 

 

 

 

     Pertemuan 2

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

 

Pendahuluan

 

Pendahuluan (10 Menit )

  1.  Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif dan menyenangkan untuk proses belajar-mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, agenda kegiatan), menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
  2. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.

 

 

10 menit

 

Inti

 

Kegiatan Inti (65 Menit )

 

Mengamati

  1.  Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing berjumlah 5 – 6 orang.
  2. Peserta didik mengamati Gambar 5.6. Kemudian, guru dapat menambahkan penjelasan tentang gambar tersebut dengan berbagai fakta terbaru yang berhubungan dengan kedudukan perwakilan diplomatik Indonesia .
  3. Guru memberikan stimulasi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat menghadapkan peserta didik pada kondisi internal yang mendorong eksplorasi.

 

Menanya

  1. Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang relevan dengan kedudukan perwakilan diplomatik Indonesia.
  2. Peserta didik secara kelompok mengidentifikasi sekaligus mencatat pertanyaan yang ingin diketahui terkait dengan kedudukan perwakilan diplomatik Indonesia.
  3. Guru membimbing dan mendorong peserta didik untuk terus menggali rasa ingin tahu dengan pertanyaan mendalam. Daftar pertanyaan, misalnya, disusun sebagai berikut:
  1. Apa yang dimaksud dengan perwakilan diplomatik?
  2. Untuk apa perwakilan diplomatik  ditempatkan di suatu negara?
  3. Apa dampaknya jika suatu negara tidak memiliki perwakilannya di negara lain?
  4. Apa syarat-syarat yang harus dipenuhi jika suatu negara akan  menempatkan perwakilannya di negara lain?
  5. Bagimana prosedur pembukaan dan pengangkatan perwakilan diplomatik di negara lain?

 

 Mengumpulkan Informasi

  1. Peserta didik secara kelompok mencari informasi sebagai jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun berdasarkan uraian materi Bab 5 Sub-bab C tentang Kedudukan Perwakilan Diplomatik Indonesia atau membaca buku-buku lainnya yang relevan, internet; web, media social lainnya.
  2. Peserta didik juga mengumpulkan informasi berkaitan dengan kedudukan perwakilan diplomatik Indonesia, yaitu pengertian perwakilan diplomatik dan proses pembukaan perwakilan diplomatic dan konsuler, keberadaan perwakilan diplomatik dan konsuler yang ada di Indonesia serta menganalisis manfaat keberadaanya.

 

Menalar

Peserta didik secara kelompok dengan bimbingan guru menghubungkan informasi yang diperolah sebagai dasar untuk melakukan analisis tugas dan fungsi perwakilan diplomatik Indonesia serta menyimpulkan

pentingnya perwakilan diplomatik Indonesia.

 

Mengomunikasikan

Peserta didik diminta untuk menyajikan hasil pengumpulan data dan identifikasi tentang tugas dan fungsi perwakilan diplomatik, perangkat perwakilan diplomatik Indonesia.

 

 

65 menit

 

Penutup

 

Penutup (15 Menit )

  1.  Guru dan Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran melalui berbagai cara seperti tanyajawab tentang apa yang sudah dipelajari, apa manfaat pembelajaran.
  2. Guru melakukan tes secara lisan/tertulis untuk menilai pengetahuan peserta didik.
  3. Peserta didik secara kelompok diminta untuk menyusun tulisan ilmiah dengan memilih salah satu topik dibawah ini.

a.       Masih relevankan pemberian hak veto kepada anggota tetap Dewan Keamanan PBB

b.       Peran Indonesia dalam PBB

c.       Peran PBB dalam mewujudkan perdamaian dunia

d.       Pengaruh hubungan internasional terhadap pembangunan bangsa

  1. Hasil tulisan ilmiah dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya (sebagai tugas rumah)
  2. Guru dan peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran dan menutup kegiatan dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.

 

 

15 menit

 

 

c. Penilaian

 

1)      Penilaian sikap

Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar

berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini

misalnya dilihat aktivitas peserta didik dalam mengumpulkan data dari berbagai

sumber berkaitan dengan kedudukan perwakilan diplomatik Indonesia dan tingkatperhatian peserta didik pada saat berdiskusi. Aspek penilaian meliputi iman taqwa, toleransi, jujur, disiplin dan tanggung jawab.

 

Pedoman Pengamatan Sikap

Kelas : ……………………….

Hari, Tanggal : ……………………….

Pertemuan Ke- : ……………………….

Materi Pokok : ……………………….

No

N a m a

Peserta

Didik

Aspek Penilaian

Iman

Taqwa

Rasa syukur

Gotong royng

Toleransi

tanggungjawab

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :

Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai dengan aspek sikap yang dinilai

Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai dengan aspek sikap yang dinilai

Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai dengan aspek sikap yang dinilai

Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai dengan aspek sikap yang dinilai

 

           Skor Perolehan

Nilai = --------------------- x 4

                   20

 

2).  Penilain Pengetahuan

Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk tes tertulis/lisan dengan menjawab

pertanyaan dibawah ini.

  1. Jelaskan pengertian perwakilan diplomatik!
  2. Jelaskan pengertian perwakilan konsuler!
  3. Apakah tugas dan fungsi perwakilan diplomatik Indonesia?
  4. Apakah tugas dan fungsi perwakilan konsuler Indonesia?
  5. Untuk apa perwakilan diplomatik itu ditempatkan di suatu negara?
  6. Apa dampaknya jika suatu negara tidak memiliki perwakilannya di negara lain?
  7. Apa syarat-syarat yang harus dipenuhi jika suatu negara akan menempatkan perwakilannya di negara lain?
  8. Bagimana prosedur pembukaan dan pengangkatan perwakilan diplomatik di negara lain?

 

Pensekoran :

Masing-masing soal skornya adalah 2 sehingga skor maksimal adalah 16.

 

            Skor Perolehan

 Nilai = -------------------- x 4

                  16

 

 

3). Penilaian Ketrampilan

 

Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam mengumpulkan informasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran terkait dengan materi yang sedang dibahas (mengomunikasikan secara lisan).

 

 

F.  Metode Pembelajaran

a.                                           Pendekatan            : Saintifik

b.                                           Model Pembelajaran           : Inquiry learning

c.                                           Metode                             : Ceramah, diskusi kelompok,tanya jawab, dan Penugasan

 

 

G. Alat/Media/Bahan

Alat/media                         : LCD Projector, Media Massa

Sumber Belajar                  : Buku Siswa dan Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XII

 

 

 

 

Kegiatan Remidial Mengerjakan Soal soal.

SOAL REMIDIAL  Bab 5

Jenis tes : Tertulis

Bentuk tes : Uraian

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat!

1.    Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan suatu negara mengadakan hubungan internasional!

2.    Jelaskan tahap-tahap pembuatan perjanjian internasional!

3.    Jelaskan peran perwakilan diplomatik Republik Indonesia!

4.    Deskripsikan berbagai bentuk kerja sama dan perjanjian internasional yang dilakukan Indonesia dengan negara lain minimal 3 !

 

                                          Kunci Jawaban dan Penyekoran

NO.

KUNCI AWABAN

SKORE

1

a. Faktor internal, yaitu adanya kekhawatiran terancam

kelangsungan hidupnya baik melalui kudeta maupun intervensi
dari negara lain.
b. Faktor ekternal, yaitu ketentuan hukum alam yang tidak dapat
dipungkiri bahwa suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa
bantuan dan kerja sama dengan negara lain. Ketergantungan
tersebut terutama dalam upaya memecahkan masalah-masalah
ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, pertahanan dan
keamanan.

10

2

a. Perundingan (negotiation)
b. Penandatanganan (signature)
c. Pengesahan (ratifcation)
d. Pengumuman (declaration)

5

3

a. Mewakili negara Republik Indonesia secara keseluruhan di negara penerima atau pada suatu organisasi internasional.
b. Melindungi kepentingan nasional dan warga negara Indonesia di negara penerima.
c. Melaksanakan pengamatan, penilaian dan pelaporan.
d. Mempertahankan kebebasan Indonesia terhadap imperialism dalam segala bentuk dan manifestasinya dengan melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social.

e. Mengabdi kepada kepentingan nasional dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur
f. Menciptakan persahabatan yang baik antara negara Republik
Indonesia dan semua negara melalui guna menjamin pelaksanaan
tugas negara perwakilan diplomatic.
g.Menyelenggarakan bimbingan dan pengawasan terhadap warga
negara Indonesia yang berada di wilayah kerjanya
h. Menyelenggarakan urusan pengamanan, penerangan, konsuler
protokol, komunikasi dan persandian.
i. Melaksanakan urusan tata usaha, kepegawaian, keuangan,
perlengkapan dan urusan rumah tangga perwakilan diplomatic.

15

4

a. Indonesia menjadi anggota Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB)
yang ke-60 pada tanggal 28 September 1950. Meskipun pernah
keluar dari keanggotaan PBB pada tanggal 7 Januari 1965
sebagai bentuk protes atas diterimanya Malaysia menjadi
anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, akan tetapi pada
tanggal 28 September 1966 Indonesia masuk kembali menjadi
anggota PBB dan tetap sebagai anggota yang ke-60
b. Memprakarsai penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika (KAA)
pada tahun 1955 yang melahirkan semangat dan solidaritas
negara-negara Asia-Afrika yang kemudian melahirkan Dasasila
Bandung.
c. Keaktifan Indonesia sebagai salah sau pendiri Gerakan NonBlok (GNB) pada tahun 1961, bahkan pada tahun 1992 dalam
Konferensi Negara-negara non-Blok yang berlangsung di
Jakarta, Indonesia ditunjuk menjadi Ketua GNB. Melalui
GNB ini secara langsung Indonesia telah turut serta meredakan
ketegangan perang dingin antara blok Barat dan blok Timur
d. Terlibat langsung dalam misi perdamaian Dewan Keamanan
PBB dengan mengirimkan Pasukan Garuda ke negara-negara
yang dilanda konflik seperti Konggo, vietnam, Kamboja, Bosnia
dan sebagainya.Bahkan pada tahun 2007, Indonesia ditetapkan
menjadi anggota tidak tetap Dewan Kemanan PBB.Indonesia
menjadi salah satu pendiri ASEAN (Assosiaciation of SouthEast Asian Nation) yaitu organisasi negara-negara di kawasan
Asia Tenggara, bahkan Sekretariat Jenderal ASEAN berada di
Jakarta.
e. Ikut serta dalam setiap pesta olah raga internasional mulai dari
SEA Games, Asian Games, Olimpiade, dan sebagainya.

15

 

JUMLAH

50

             Skor Perolehan
Nilai = -------------------- x 4
                     40

Kegiatan Pengayaan

peserta didik  di berikan bahan bacaan yang relevan dengan materi
pembelajaran

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                                    Malang, 18 Juli 2018

Kepala Widya Dharma Turen                                                         Guru Mapel PPKn

 

 

 

 

Wiwit Agustiono, S.T                                                                     Roisul Haq, S.Pd

 

 

 

 

    


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP LENGKAP PKN KD. PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

RPP PKN (HAK ASASI MANUSIA)

PREDIKSI SOAL TES AKHIR GURU BELAJAR SERI PENDIDIKAN INKLUSIF (25 SOAL)