RPP Peran Indonesia dalam Hubungan Internasonal
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK WIDYA DHARMA TUREN
Kelas/Semester : XI / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn)
Materi
Pokok : Peran
Indonesia Dalam Hubungan Internasional
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 X Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran yang dianutnya.
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektifdengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
perabadan terkait penyebab penomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.4.
Menghargai karakter berahklak mulia dalam memperkuat komitmen negara
kesatuan.
2.1.
Mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup dan ideologi
nasional dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara.
3.5.
Mengevaluasi peran Indonesia dalam hubungan internasional.
4.5.
Menyaji hasil evaluasi dari berbagai media massa tentang peran Indonesia dalam
hubungan internasional.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Indikator
KD pada KI-1.
1.4.1. Berserah diri (tawakal) kepada Tuhan setelah
berikhtiar atau melakukan usaha.
1.4.2. Menjaga lingkungan hidup disekitar rumah
tempat tinggal, sekolah dan
masyarakat
1.4.3. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat
beragama yang berbeda-beda
2.
Indikator
KD pada KI-2.
2.1.1. Menunjukan perilaku jujur dalam proses
pembelajaran
2.1.2.
Menunjukan perilaku disiplin dalam proses pembelajaran
2.1.3.
Menunjukan perilaku tanggung jawab dalam proses pembelajaran
3.
Indikator
KD pada KI-3
3.5.1. Menjelaskan makna
hubungan internasional
3.5.2. Menganalisis pentingnya hubungan
internasional bagi Indonesia
3.5.3. Mengidentifikasi manfaat yang diperoleh
bangsa Indonesia dalam menjalin
hubungan internasional.
3.5.4. Mengidentifikasi bentuk-bentuk
kerja sama yang dikembangkan Indonesia
berdasarkan politik luar negeri
bebas aktif.
3.5.5.Menjelaskan makna perjanjian
internasional
3.5.6. Menjelaskan asas-asas perjanjian
internasional
3.5.7. Mengidentifikasi tahap-tahap
perjanjian internasional
3.5.8. Mengidentifikasi perwakilan
diplomatik yang berada di Indonesia
3.5.9. Menganalisis kedudukan perwakilan
diplomatik Indonesia
4.
Indikator
KD pada KI-4
4.5.1.Menyusun hasil evaluasi dari
berbagai media massa tentang peran Indonesia
dalam hubungan internasional
4.5.2.Menyaji hasil evaluasi dari
berbagai media massa tentang peran Indonesia
dalam hubungan internasional
D.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
|
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi waktu |
|
Pendahuluan |
Pendahuluan
(15 Menit)
|
15 menit |
|
Inti |
Kegiatan
Inti (65 Menit) Mengamati
Menanya
misalnya
disusun sebagai berikut:
Mengumpulkan
Informasi/ data
Menalar
Mengomunikasikan
dengan
kondisi sekolah. |
65 menit |
|
Penutup |
Penutup
(15 Menit )
|
10 menit |
E.
Penilaian
- Penilaian sikap
Penilaian
sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung.
Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini misalnya
dilihat aktivitas dalam mengumpulkan data dari berbagai sumber berkaitan dengan
perjanjian internasional yang dilakukan Indonesia dan tingkat perhatian peserta
didik pada saat berdiskusi. Aspek yang dinilai adalah iman taqwa, toleransi,
disiplin, jujur, tanggung jawab.
Pedoman Pengamatan Sikap
Kelas : ……………………….
Hari, Tanggal : ……………………….
Pertemuan Ke- : ……………………….
Materi Pokok : ……………………….
|
No |
N a m a Peserta Didik |
Aspek
Penilaian |
||||
|
Iman Taqwa |
Rasa syukur |
Jujur |
disiplin |
tanggungjawab |
||
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
Skor penilaian menggunakan skala 1
– 4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai
dengan aspek sikap yang dinilai
Skor 2 apabila peserta didik
kadang-kadang sesuai dengan aspek sikap yang dinilai
Skor 3 apabila peserta didik sering
sesuai dengan aspek sikap yang dinilai
Skor 4 apabila peserta didik selalu
sesuai dengan aspek sikap yang dinilai
Skor Perolehan
Nilai = --------------------- x 4
20
- Penilain Pengetahuan
Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan menilai hasil penugasan yaitu Tugas Kelompok 5.2.
Pensekoran Tugas Kelompok 5.2
Nomor 1 – 13 masing-masing skornya 2
sehingga skor maksimal adalah 26.
Skor Perolehan
Nilai = -------------------- x 4
26
- Penilaian Keterampilan
Penilaian
keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik
dalam
mempresentasikan pengumpulan data tentang istilah-istilah perjanjian
internasional,
tahap-tahap perjanjian internasional dan identifikasi perjanjian
bilateral yang dilakukan Indonesia.
Pertemuan 2
|
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
|
Pendahuluan |
Pendahuluan
(10 Menit )
|
10 menit |
|
Inti |
Kegiatan
Inti (65 Menit ) Mengamati
Menanya
Mengumpulkan Informasi
Menalar Peserta didik secara kelompok
dengan bimbingan guru menghubungkan informasi yang diperolah sebagai dasar
untuk melakukan analisis tugas dan fungsi perwakilan diplomatik Indonesia
serta menyimpulkan pentingnya perwakilan diplomatik
Indonesia. Mengomunikasikan Peserta didik diminta untuk
menyajikan hasil pengumpulan data dan identifikasi tentang tugas dan fungsi
perwakilan diplomatik, perangkat perwakilan diplomatik Indonesia. |
65 menit |
|
Penutup |
Penutup
(15 Menit )
a.
Masih relevankan pemberian hak
veto kepada anggota tetap Dewan Keamanan PBB b.
Peran Indonesia dalam PBB c.
Peran PBB dalam mewujudkan perdamaian
dunia d.
Pengaruh hubungan internasional
terhadap pembangunan bangsa
|
15 menit |
c. Penilaian
1)
Penilaian
sikap
Penilaian sikap terhadap peserta
didik dapat dilakukan selama proses belajar
berlangsung. Penilaian dapat
dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini
misalnya dilihat aktivitas peserta
didik dalam mengumpulkan data dari berbagai
sumber berkaitan dengan kedudukan
perwakilan diplomatik Indonesia dan tingkatperhatian peserta didik pada saat
berdiskusi. Aspek penilaian meliputi iman taqwa, toleransi, jujur, disiplin dan
tanggung jawab.
Pedoman Pengamatan Sikap
Kelas : ……………………….
Hari, Tanggal : ……………………….
Pertemuan Ke- : ……………………….
Materi Pokok : ……………………….
|
No |
N a m a Peserta Didik |
Aspek Penilaian |
||||
|
Iman Taqwa |
Rasa syukur |
Gotong royng |
Toleransi |
tanggungjawab |
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor penilaian menggunakan skala 1
– 4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai
dengan aspek sikap yang dinilai
Skor 2 apabila peserta didik
kadang-kadang sesuai dengan aspek sikap yang dinilai
Skor 3 apabila peserta didik sering
sesuai dengan aspek sikap yang dinilai
Skor 4 apabila peserta didik selalu
sesuai dengan aspek sikap yang dinilai
Skor Perolehan
Nilai = --------------------- x 4
20
2). Penilain Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan
dalam bentuk tes tertulis/lisan dengan menjawab
pertanyaan dibawah ini.
- Jelaskan
pengertian perwakilan diplomatik!
- Jelaskan
pengertian perwakilan konsuler!
- Apakah
tugas dan fungsi perwakilan diplomatik Indonesia?
- Apakah
tugas dan fungsi perwakilan konsuler Indonesia?
- Untuk
apa perwakilan diplomatik itu ditempatkan di suatu negara?
- Apa
dampaknya jika suatu negara tidak memiliki perwakilannya di negara lain?
- Apa
syarat-syarat yang harus dipenuhi jika suatu negara akan menempatkan
perwakilannya di negara lain?
- Bagimana
prosedur pembukaan dan pengangkatan perwakilan diplomatik di negara lain?
Pensekoran
:
Masing-masing soal skornya adalah 2
sehingga skor maksimal adalah 16.
Skor Perolehan
Nilai = -------------------- x 4
16
3). Penilaian
Ketrampilan
Penilaian keterampilan dilakukan
guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam mengumpulkan informasi,
kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan
argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran terkait dengan
materi yang sedang dibahas (mengomunikasikan secara lisan).
F. Metode
Pembelajaran
a.
Pendekatan : Saintifik
b.
Model Pembelajaran :
Inquiry learning
c.
Metode : Ceramah, diskusi kelompok,tanya
jawab, dan Penugasan
G. Alat/Media/Bahan
Alat/media : LCD Projector, Media Massa
Sumber Belajar : Buku Siswa dan Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas XII
Kegiatan Remidial Mengerjakan Soal soal.
SOAL
REMIDIAL Bab 5
Jenis tes : Tertulis
Bentuk tes : Uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini
secara singkat, jelas dan akurat!
1. Jelaskan faktor-faktor yang
menyebabkan suatu negara mengadakan hubungan internasional!
2. Jelaskan tahap-tahap pembuatan
perjanjian internasional!
3. Jelaskan peran perwakilan
diplomatik Republik Indonesia!
4. Deskripsikan berbagai bentuk
kerja sama dan perjanjian internasional yang dilakukan Indonesia dengan negara
lain minimal 3 !
Kunci
Jawaban dan Penyekoran
|
NO. |
KUNCI AWABAN |
SKORE |
|
|
1 |
kelangsungan
hidupnya baik melalui kudeta maupun intervensi |
10 |
|
|
2 |
a. Perundingan (negotiation) |
5 |
|
|
3 |
a. Mewakili negara Republik Indonesia secara keseluruhan di
negara penerima atau pada suatu organisasi internasional. e. Mengabdi kepada kepentingan nasional dalam mewujudkan
masyarakat adil dan makmur |
15 |
|
|
4 |
a. Indonesia menjadi anggota Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) |
15 |
|
|
|
JUMLAH |
50 |
Skor Perolehan
Nilai = -------------------- x 4
40
Kegiatan
Pengayaan
peserta didik
di berikan bahan bacaan yang relevan dengan materi
pembelajaran
Mengetahui, Malang, 18 Juli
2018
Kepala Widya Dharma Turen Guru Mapel PPKn
Wiwit Agustiono, S.T Roisul Haq, S.Pd
Komentar
Posting Komentar