PREDIKSI SOAL TES AKHIR GURU BELAJAR SERI PENDIDIKAN INKLUSIF (25 SOAL)

TES AKHIR GURU BELAJAR SERI PENDIDIKAN INKLUSIF



1. Kemampuan  pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh guru untuk ….

A. Mendiagnosa peserta didik

B. Mengasesmen peserta didik

C. Menganalisa peserta didik

D. Memberikan label terhadap peserta didik

E. Mengidentifikasi peserta didik


2. Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?

A. Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.

B. Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.

C. Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.

D. Guru membuat program bagi peseta didik berkebutuhan khusus.

E. Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di sekolah atau di kelasnya.


3. Penggantian kurikulum karena tidak mungkin dilakukan oleh siswa berkebutuhan pendidikan khusus, pengembangan kurikulum model adaptasi seperti ini adalah….

A. Duplikasi

B. Subsitusi

C. Modifikasi

D. Omisi

E. Replikasi


4. Salah satu tujuan  planning matrix adalah …

A. Memetakan kondisi aktual akademik maupun kekhususan ABK berdasarkan hasil asesmen yang telah dilakukan

B. Mencari perbedaan-perbedaan yang signifikan diantara peserta didik berkebutuhan khusus.

C. Mengetahui perbedaan karakteristik peserta didik

D. Membuat program bagi peserta didik berkebutuhan khusus

E. Menemukenali dan menandai peserta didik.


5. Alat identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses identikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah:

A. riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

B. riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

C. riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil kesehatan anak.

D. riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

E. Riwayat kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi kemampuan anak.


6. Kegiatan yang dilakukan setelah mengidentifikasi peserta didik sebagai dasar untuk membuat program  disebut kegiatan….

A. monitoring

B. identifikasi

C. klasifikasi

D. diagnosa

E. asesmen


7. PDBK yang tidak mampu beradaptasi di kelas regular karena kemampuan intelektualnya, dapat digunakan program….

A. remedial teaching

B. Program pembelajaran individual (PPI)

C. pembelajaran fleksibel

D. pembelajaran berkelompok

E. pembelajaran home schooling


8. Modifikasi kurikulum yang mengacu langsung pada standar kompetensi lulusan (SKL), kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan indikator adalah….

A. Materi

B. Tujuan

C. Evaluasi

D. Media pembelajaran

E. Proses


9. Orangtua Fina memiliki latar belakang pendidikan terbatas sehingga ketika diskusi dengan guru banyak hal-hal yang membingungkan mereka. Kondisi tersebut merupakan salah satu hambatan keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu ….

A. Kurangnya pemahaman terhadap budaya orangtua

B. Masalah komunikasi dan memahami istilah-istilah pendidikan

C. Keterbatasan latar belakang pendidikan

D. Keterbatasan logistik

E. perkembangan bahasa


10. Dibawah ini informasi berharga yang didapat dengan adanya keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu ….

A. Hambatan, ketidakmampuan dan masalah pada peserta didik

B. Dukungan dan hambatan peserta didik

C. Lingkungan rumah dan keluarga dimana peserta didik tinggal

D. riwayat tumbuh kembang

E. Preferensi, kekuatan dan pendekatan yang tepat bagi peserta didik


11. Pendidikan yang tidak sekedar memindahkan atau menempatkan penyandang disabilitas di sekolah regular, tetapi anak berkebutuhan khusus harus diterima di sekolah tanpa syarat dan program sekolah harus menyesuaikan kebutuhan anak merupakan pengertian dari pendidikan…

A. Segregasi

B. Khusus

C. Integrasi

D. Reguler

E. Inklusif


12. Sebuah desain harus dapat mengakomodir beragam pilihan kenyamanan dan kebutuhan dalam penggunaannya. Hal tersebut merupakan prinsip desain universal pengembangan aksesibilitas sarana dan prasarana dalam layanan Pendidikan inklusif yang ramah anak, yaitu…

A. Prinsip toleransi untuk kesalahan

B. Prinsip informasi penggunaan yang jelas

C. Prinsip mudah digunakan

D. Prinsip fleksibel dalam penggunaannya

E. Prinsip dapat digunakan oleh semua orang


13. Penataan ruang kelas harus memungkinkan anak untuk bergerak, berinteraksi, berdiskusi, dapat mengakses alat bahan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya. Hal tersebut merupakan prinsip penataan ruang inklusif, yaitu…

A. Prinsip berpusat pada anak (Child Centered)

B. Prinsip menarik dan Menantang

C. Prinsip daya guna

D. Prinsip learning centers (pembagian Zona)

E. Prinsip estetis


14. Proses menemukenali peserta didik sebelum yang bersangkutan mengikuti pembelajaran. Merupakan pengertian dari…

A. Identifikasi

B. Screening

C. Asesmen

D. Klasifikasi

E. Referal


15. Pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas secara umum sama dengan  kegiatan proses belajar mengajar pada kelas reguler. Selain terdapat peserta didik reguler terdapat pula Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Di samping menerapkan prinsip-prinsip umum dalam mengelola proses belajar mengajar, guru harus memperhatikan prinsip-prinsip khusus yang sesuai dengan kebutuhan PDBK. Pernyataan tersebut merupakan definisi penempatan peserta didik berkebutuhan khusus di…

A. Kelas khusus dengan berbagai pengintegrasian

B. Kelas khusus penuh

C. Kelas reguler (inklusi penuh)

D. Kelas reguler dengan cluster dan pull out

E. Kelas reguler dengan cluster


16. Keterbatasan atau kurangnya kemampuan (yang dihasilkan dari impairment) untuk menampilkan aktivitas sesuai dengan aturannya atau masih dalam batas normal, biasanya digunakan dalam level individu. Pernyataan ini lebih menggambarkan makna dari …

A. Under Achievement

B. Disability

C. Impairment

D. Handicapped

E. Under Actuality


17. Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna keberagaman peserta didik?

A. Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

B. Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif tidak menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

C. Kondisi yang diharapkan di sekolah inklusif yang mengharuskan adanya persamaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

D. Kondisi yang tidak diharapkan di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

E. Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah tidak harus berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.


18. Orangtua Fina memiliki latar belakang pendidikan terbatas sehingga ketika diskusi dengan guru banyak hal-hal yang membingungkan mereka. Kondisi tersebut merupakan salah satu hambatan keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu …

A. kurangnya pemahaman terhadap budaya orangtua

B. keterbatasan latar belakang pendidikan

C. perkembangan bahasa

D. masalah komunikasi dan kurangnya pemahaman

E. keterbatasan logistik


19. Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?

A. Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di sekolah atau di kelasnya.

B. Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.

C. Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.

D. Guru membuat program bagi peseta didik berkebutuhan khusus.

E. Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.


20. Salah satu tujuan  planning matrix adalah ….

A. mengetahui perbedaan karakteristik peserta didik

B. memetakan kondisi aktual PDBK 

C. menemukenali dan menandai peserta didik

D. membuat program bagi PDBK

E. mencari perbedaan-perbedaan yang signifikan di antara PDBK


21. Kegiatan mengenal atau menandai sesuatu yang masih bersifat gambaran umum/kasar, disebut ….

A. asesmen

B. diagnosis

C. monitoring

D. klasifikasi

E. identifikasi


22. Peserta didik yang menunjukkan perilaku unik dan asyik dengan dirinya sendiri, tidak memiliki minat untuk bekerja sama dengan teman-temannya, enggan berkomunikasi untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Karakteristik tersebut lebih tepat menggambarkan ciri perilaku PDBK, dengan jenis hambatan ….

A. Tunadaksa

B. Tunanetra

C. Tunarungu

D. Tunagrahita

E. Spektrum Autis


23. Salah satu tujuan dilakukannya identifikasi di kelas adalah sebagai proses penjaringan/skrining. Yang dimaksud penjaringan dalam konteks ini adalah ….

A. mengkonsultasikan anak kepada tenaga ahli yang profesional

B. mengembalikan anak ke kelas untuk mendapatkan layanan pendidikan khusus

C. menandai anak-anak mana yang menunjukkan gejala-gejala tertentu

D. menentukan apakah program pembelajaran yang diberikan sudah tepat

E. mengkomunikasikan kebutuhan khusus anak kepada orangtua


24. Dalam pembelajaran di kelas, guru melibatkan anak berkebutuhan khusus untuk terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan eksrakurikuler yang sesuai dengan kemampuan dan minat anak berkebutuhan khusus. Sifat kegiatan ini adalah lebih tepat menggambarkan konsep …

A. to live

B. to love

C. to play

D. to work

E. to learn


25. Guru di sekolah inklusif yang memiliki peserta didik berkebutuhan dengan hambatan pendengaran, harus memberikan layanan kebutuhan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan dasar, berupa ….

A. kestabilan emosi

B. kemampuan mobilitas

C. kemampuan berperilaku adaptif

D. kemampuan berbahasa dan berkomunikasi

E. kemampuan Activity Daily Living

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP LENGKAP PKN KD. PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

RPP PKN (HAK ASASI MANUSIA)